Isi Kekosongan Kepala Desa, Bupati Purwakarta Lantik 92 Penjabat Kades

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk mengisi kekosongan Kepala Desa yang berakhir Tahun 2021 sampai dengan terpilihnya hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, Pemerintah Kabupaten Purwakarta melaksanakan pelantikan 92 Penjabat Kepala Desa (PJ Kades) yang tersebar di 16 Kecamatan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan para pejabat Kades ini akan menggantikan sementara posisi para kades yang masa jabatannya telah habis. Mereka bertugas sampai terpilihnya Kades definitif.

“Pilkades serentak di 170 desa yang sejatinya digelar 25 Agustus 2021 lalu harus ditunda karena adanya Instruksi Mendagri tentang penundaan pelaksanaan pilkades serentak dan pergantian antar waktu pada masa perpanjangan penerapan PPKM,” ucap Anne saat ditemui usai memimpin Pelantikan Pj Kades secara Virtual di Aula Janaka, Kompleks Kantor Pemkab Purwakarta, pada Jumat (27/8/2021).

Baca Juga:  Kantor OPD di Purwakarta Didorong Siapkan Ruang Laktasi

Anne menambahkan, dengan adanya  surat Mendagri Nomor 141/4251/SJ – 9 Agustus 2021 perihal penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan PAW pada masa pandemi Covid-19, mengakibatkan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta di undur selama 2 bulan.

“Pilkades serentak di Purwakarta bakal digelar pada 16 Oktober 2021. Sesuai dengan surat Mendagri tersebut maka ada beberapa desa yang masa baktinya itu sudah selesai, jadi  otomatis berdasarkan regulasi yang ada peraturan dan undang-undang yang berlaku maka yang masa habisnya itu harus diisi oleh pejabat kepala desa,” ucap wanita yang akrab disapa Ambu Anne itu.

Baca Juga:  Ajak Pelajar Kenali Budaya Lewat Bandung Cultural Storytelling

Ambu Anne merinci, dari 92 orang yang dilantik hari ini, 87 orang diantaranya akan mengisi jabatan kepala desa yang habis masa baktinya dan total dari yang dilantik sebelum jadi 170 Desa.

Ambu Anne berharap, tak ada lagi penundaan pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta ini dan ia menekankan kepada seluruh Pj Kades ini harus menurunkan angka penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing dan setelah itu akan dilakukan evaluasi.

Baca Juga:  Pemulihan Rawa Kalimati dari Limbah B3 Mulai Direncanakan

“Semoga tidak ada lagi penundaan ya, karena pemerintah daerah beserta dengan seluruh jajaran panitia dan Insya Allah jajaran TNI-Polri akan mendukung suksesi Pilkades serentak di Kabupaten Purwakarta. Kita juga berharap Purwakarta dengan adanya perhelatan ini insya Allah tidak akan meningkatkan laju penjabaran Covid-19, karena dalam prosesnya nanti akan dilakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tutur Ambu Anne. (Gin)