Kerja Hari Terakhir, Jokowi Ajak Foto Bersama Menteri Kabinet Jilid I

JABARNEWS | JAKARTA – Hari Jumat ini merupakan hari kerja terakhir Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Kabinet Kerja atau pemerintahan periode 2015-2019 sebelum pelantikan Presiden dan Wapres RI terpilih periode 2019-2024 pada 20 Oktober 2019.

Sebelum memulai acara, Jokowi dan Jusuf Kalla menyelenggarakan silaturahim bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja. Acara itu diselenggarakan di Istana Negara dan menyempatkan diri untuk berfoto bersama para menteri di tangga teras Istana Merdeka Jakarta. Mereka berdua diapit Ibu Negara Iriana Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, dan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Baca Juga:  Karya Bakti Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad bersama Warga Bersihkan Lingkungan

Dalam foto bersama itu, pada barisan kedua berdiri Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, Menteri Agama, Lukman Saifudin, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Jaksa Agung, M Prasetyo, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dan mantan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Kemudian pada baris ketiga yakni Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Menteri Sosial, Agus Gumiwang, Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, Wakil Menteri ESDM, Archandra Tahar, Menteri BUMN, Rini Soemarno, Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi, Syafrudin, dan Menteri Perhubungan, Budi Sumadi.

Baca Juga:  Polrestabes Bandung Sudah Kantongi Pelaku Pengeroyok Lain

Lalu di baris keempat yakni Wakil Menteri Luar Negeri, AM Fachir, Kepala BKPM, Thomas T Lembong, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Menteri/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Selanjutnya di baris kelima berdiri Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Sandjojo, Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, dan Menteri Sekretaris, Negara Pratikno.

Baca Juga:  Minimalisir Kecelakaan, TNI AD Gelar Sosialisasi Tertib Berlalulintas

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi dan berterima kasih atas kinerja para menteri dan kepala lembaga. Ia menjelaskan selama ini jika bertemu dengan menteri-menterinya kerap membahas hal-hal yang serius. Jokowi juga memohon maaf kepada para menteri jika dia kerap menelpon tengah malam. Ia menjelaskan hal itu dilakukan karena urusan negara.

Dalam acara tersebut tak hadir Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto, seperti diketahui masih dirawat setelah diserang secara fisik dan terluka di Banten, beberapa hari lalu. (Ara)