Lima Wisata Perkebunan Kopi Di Indonesia, Cocok Untuk Tempat Liburan

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai salah satu pemasok ekspor terbesar di Indonesia. Kopi banyak ditanam di daratan nusantara ini, hal itu dilakukan untuk memasok kebutuhan ekspor keluar negeri.

Dari sabang hingga merauke, terdapat banyak perkebunan kopi yang sudah terkenal kualitasnya di mancanegara. Selain itu, perkebunan kopi juga bisa kalian gunakan sebagai tempat wisata pada saat liburan.

Dengan begitu kalian akan tahu proses perawatan kopi dari mulai pembibitan, penanaman, hingga panen dan menjadi biji Kopi. Bisa kalian temukan di beberapa tempat wisata kebun Kopi tersebut.

Oleh sebab itu, berikut kamu merangkum beberapa perkebunan kopi di Indonesia yang cocok untuk kalian kunjungi sebagai tempat wisata saat liburan. Diantaranya:

Pertama. Pangalengan Bandung Jawa Barat – Wisata pertama yuk mampir ke pangalengan, Jawa Barat. Kopi Malabar tumbuh subur di daerah ini. Salah satu produk yang terkenal adalah Malabar Mountain Coffee.

Baca Juga:  Program SIM A Umum Subsidi Tak Melanggar Status Quo

Pemiliknya mempersilahkan tamu berputar keliling kebun seluas kurang lebih 70 hektar itu. Kamu juga bisa berkunjung ke sebuah danau yang indah. Sembari menikmati kopi langsung di kebun kopi, kamu bisa memancing di danau buatan tersebut.

Kedua. Dayan Gunung, Lombok Utara – Sebagai salah satu kebun kopi yang cukup terkenal, para remaja sengaja mengunjungi lokasi itu untuk sekedar berswafoto dan diunggah ke media sosial.

Selain itu, kebuk kopi ini letaknya tak jauh dari jalan pendakian Rinjani melalui jalur Senaru. Meski berada di jalur para pendaki, untuk menjangkau lokasi, tidak diperlukan track yang sulit. dengan begitu kalian bisa dengan mudah berkunjung kesini.

Baca Juga:  Emil: Atasi Kemacetan, Dua Fly Over Segera Dibangun Di Kota Depok

Ketiga. Kintamani, Bali – Tak sekedar terkenal akan keindahan Pantainya, sawah, dan gunung. Tetapi, kebun kopi juga menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa kalian kunjungi ketika sedang berada di Di Bali.

Berlokasi Di Kabupaten Bangli tepatnya, ada agrowisata yang mengajak turis untuk memetik dan minum kopi langsung di kebunnya. Lahannya cukup luas. Udaranya sejuk lantaran terdapat di dataran tinggi, yakni 1.200 mdpl.

Keempat. Bolokan, Toraja – Siapa yang tidak tahu dengan kenikmatan kopi Toraja satu ini yang sudah mendunia, Di Bolokan toraja sendiri terdapat salah satu perkebunan kopi yang bisa kalian kunjungi.

Baca Juga:  Sederet Artis Nasional Siap Meriahkan HUT Cimahi Ke-18

Sebagai kebun yang kabarnya dahulu dimiliki oleh orang Belanda bernama H.J. Stock van Dykk. Kini kopi dari perkebunan tersebut menjadi salah satu kopi yang paling dicari oleh para Coffee Addict.

Kelima. Gayo, Aceh – Tak kalah terkenal dengan Kopi Toraja, Gayo juga memiliki kopi yang begitu banyak diminati oleh para Coffee addict. Hal itu terjadi karena kenikmatan kopi tersebut yang berbeda dengan kopi lainnya.

Selain itu, Perkebunan Pun bisa kalian kunjungi sebagai tempat wisata. Disana kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seru seperti hunting foto hingga memanen kopi, tentunya hal tersebut sangat seru apalagi kalian melakukannya bersama sahabat terdekat. (Mal)