Masjid Cipaganti, Perpaduan Keindahan Eropa dan Jawa

JABARNEWS | BANDUNG – Kota Bandung, Jawa Barat memiliki sejumlah masjid legendaris, salah satunya Masjid Cipaganti yang terletak di Jalan R.A.A. Wiranatakusumah No. 85, dulu bernama Jalan Cipaganti. Pada zaman Belanda, Jalan Cipaganti bernama Nylandweg.

Saat awal berdiri, Masjid Cipaganti bernama Masjid Kaum Cipaganti. Arsitektur masjid ini dibuat oleh Charles Proper Wolff Schoemaker. Selain Masjid Cipaganti, banyak bangunan di Kota Bandung yang dibuat oleh arsitek asal Belanda ini.

Masjid Cipaganti yang termasuk masjid tua di Kota Bandung ini, hingga sekarang masih kokoh berdiri. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Cipaganti dilakukan oleh Asta Kandjeng Bupati Bandung, Raden Tumenggung Hassan Soemadipradja, didampingi oleh Patih Bandung, Raden Rg Wirijadinata dan Hoopd Panghulu Bandung, Raden Hadji Abdul Kadir. Pada 7 Februari 1933 atau 11 Syawal 1351 Hijriah.

Baca Juga:  PT KAI Dilaporkan Warga Ke Polrestabes Bandung

Setahun kemudian atau 27 Januari 1934, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 2.675 meter persegi ini diresmikan. Arsitek Masjid Cipaganti merupakan campuran antara gaya Eropa dan kebudayaan tradisional Jawa.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Manfaat Bawang dayak Bagi Kesehatan Tubuh

Ciri ini tergambar dari atap sirap berbentuk tajug tumpang dua, empat saka guru di dalam masjid yang berhiaskan ornamen bunga bersulur dan ukiran kaligrafi berlafaz hamdalah merupakan bukti adanya unsur seni tradisional Jawa bernuansa Islami.

Sementara unsur Eropa terlihat dari konstruksi bangunan yang memakai kuda-kuda segitiga penyangga atap yang berbentuk tajug tumpang dua serta pada kaligrafi yang terdapat di mihrab dan mimbar utama. Juga, lampu gantung, ornamen kayu, tembok ukir, dan gerbang utama.

Baca Juga:  92 Mahasiswa Jadi Korban Bentrokan Demo di Bandung

Posisi masjid yang terletak di “tusuk sate” antara Jalan Cipaganti dan Jalan Sastra, serta pepohonan yang terdapat di sepanjang jalan yang seolah menjadi bingkai masjid jika dilihat dari Jalan Sastra.

Masjid Cipaganti yang menyimpan sejarah perkembangan agama Islam di Kota Bandung, hingga sekarang keindahannya masih bisa dinikmati. Selain itu, Masjid Cipaganti masih menjadi salah satu pusat syiar agama Islam di Kota Bandung. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat