Presiden Jokowi Tinjau Progress Pembangunan Waduk Sukamahi

JABARNEWS | JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali meninjau pembangunan proyek Waduk Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan kunjungan kedua kalinya orang nomor satu di Indonesia itu.

Jokowi tiba sekitar pukul 8.14 WIB. Dalam kunjungannya ia didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Bupati Bogor Ade Yasin.

Baca Juga:  Hadiri Diskusi Publik Gema Petani, Uu Ruzhanul Ulum Ngaku Rindu Orde Baru

“Tadi melihat perkembangan, yang pertama Waduk Sukamahi, yang kedua (Waduk) Ciawi. Di sini ada Gubernur DKI, Wagub Jawa Barat, dan Menteri PU untuk melihat perkembangan seperti apa,” kata Jokowi saat ditemui seusai peninjauan, Rabu, 26 Desember 2018.

Tercatat Jokowi pernah datang ke sini pada 15 Desember 2017. Waktu itu ia menargetkan pembangunan Waduk Sukamahi dan Waduk Ciawi yang lokasinya berdekatan bisa selesai pada 2019.

Baca Juga:  Olah Limbah Dapat Rp. 100 Juta Sebulan

Jokowi menjelaskan jika saat ini progress pembangunan bendungan Sukamahi baru mencapai 15 persen. Namun ia hakulyakin bisa selesai sesuai target. “Pasti rampung (2019),” ujarnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Bambang Hidayah menuturkan kendala yang dialami dalam pembangunan waduk Sukamahi ini adalah pembebasan lahan. “Kami masih menunggu,” ucapnya.

Bambang menuturkan jika sudah selesai maka daya tampung dari bendungan Sukamahi ini mencapai 1,6 juta meter kubik. Sementara itu, daya tampung bendungan Ciawi mencapai 6,4 juta meter kubik.

Baca Juga:  Pelaku UKM Belum Melapor, Disdagin Kesulitan Evaluasi Little Bandung

Jokowi berujar pembangunan dua waduk ini bagian dari langkah pengendalian banjir di DKI Jakarta. Ia mengklaim jika dua bendungan ini rampung mampu mengurangi potensi banjir di DKI Jakarta hingga 30 persen. [jar]

Jabarnews | Berita Jawa Barat