Siap Jaga TPS Di Pemilu, Pramuka Kwarda Jabar Lantik Saka Adhiyaksa

JABARNEWS | MAJALENGKA – Kader Pramuka diharapkan terus eksis dalam berbuat sosial untuk masyarakat. Alasannya, dengan melakukan semua kegiatan tersebut, akan dapat ilmu dan pengalaman yang menarik. Untuk itulah, pada HUT ke-57 pramuka ini, Kwarda Jabar telah melakukan sejumlah kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk dengan Bawaslu.

‎Hal ini ditegaskan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat Dede Yusuf ketika hadir di GGM pada Sabtu malam (8/9). Pihaknya mengatakan ‎di hari pramuka tingkat Jawa Barat ini menjadi yang paling eksis di Indonesia. ‎Alasannya, karena sejumlah kesepakatan dan kerjasama hanya baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Jawa Barat.

Baca Juga:  Hari Pertama Pelaksanaan Tes CPNS, Peserta Lulusan ITB Raih Nilai Tertinggi

“Sementara di provinsi lain itu belum. Pramuka di Jawa Barat telah lebih dulu. Kami ingin Pramuka di Jabar menjadi yang terbaik,” ungkapnya.

Dede menambahkan ‎pramuka Jabar mempunyai target untuk terus menggelorakan semangat pramuka di seluruh Jawa Barat. Pramuka juga harus menjadi generasi milenial, dan untuk itu pihaknya telah melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai kalangan.

Baca Juga:  Ditemukan Ponsel di Lapas Majalengka, Diduga Milik Warga Binaan

“Kita sedang melakukan kerjasama dengan berbagai kalangan. Termasuk dengan Bawaslu, kita baru saja melantik Saka Adhiyaksa, satu-satunya di Indonesia yang baru dilantik hanya di Jawa Barat. Kerjasama ini mengusung ‎bahwa yang menjaga TPS adalah anak-anak Pramuka dengan tujuan untuk menggerakkan partisipasi publik,” ungkapnya.

Yang kedua, lanjut Dede menuturkan, bahwa Pramuka Jabar juga baru pertama kalinya pramuka kerjasama dengan BPOM, yang bertujuan mengawal dan melaporkan semua hal tentang makanan dan minuman yang beredar di lingkungan sekolah.

Baca Juga:  Jelang Pileg 2019 Bawaslu Temukan 42 Dugaan Pelanggaran

“Yang ketiga, pramuka Jabar juga kerjasama dengan BKKBN, target utama mencegah pergaulan bebas, konseling remaja, sehingga membuat remaja dan anak-anak muda lebih banyak kegiatan positifnya. Pramuka Jabar juga telah kerjasama dengan BJB, dengan mengeluarkan tabungan ber-KTA,” pungkasnya. (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat