100 Wanita Pap Smear Gratis di RSIA Asri

JABARNEWS | PURWAKARTA – Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asri, Purwakarta adakan pemeriksaan Pap smear secara gratis. Pemeriksaan diikuti sekitar 100 wanita yang masih usia aktif bereproduksi, Senin (30/4/2018).

Para wanita tersebut mengikuti pemeriksaan Pap smear dalam rangka mendeteksi secara dini penyakit Kanker Serviks. Salah satu wanita yang mengikuti pemeriksaan tersebut, Ani (29) mengaku senang bisa melakukan pemeriksaan Pap smear.

Baca Juga:  UIN Bandung Siapkan Beasiswa Untuk Mahasiswa Asing

“Saya ingin mendeteksi apa saya punya indikasi kanker serviks atau nggak . Ini juga acaranya gratis jadi saya senang bisa ikut,” jelasnya.

Ani mengaku sempat merasa khawatir karena baru pertama kali mengikuti pemeriksaan tersebut. Namun kehawatirannya tak terbukti karena saat pemeriksaan tidak ada rasa sakit seperti yang dibayangkan.

Baca Juga:  Awas! Tilang Elektronik ETLE Diterapkan di Jabar, Ini Lokasinya

Sementara itu, Direktur RSIA Asri dr. Herlina Diputri mengungkapkan, kegiatan pemeriksaan Pap smear secara gratis adalah bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Kartini. “Ini bagian dari kegiatan menyambut Hari Kartini. Kemarin kita buka kelas Hypnobirthing, nah sekarang puncaknya kita adakan Pap smear gratis,” katanya.

Baca Juga:  7 Kali Raih WTP, DPRD Apresiasi Kinerja Pemprov Jabar

Seperti yang diketahui kanker serviks sering tidak terdeteksi baru ketahuan setelah ganas. Herlina berharap dalam kegiatan pemeriksaan secara cuma-cuma tersebut, banyak wanita Purwakarta yang bisa tertolong dari deteksi dini kanker serviks. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat