3.800 Aparat Gabungan Amankan Pilkades Serentak Di Subang

JABARNEWS | SUBANG – Sebanyak 561 calon kepala desa (kades) menyatakan sikap dan siap mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara damai. Mereka sepakat menandatangani pakta integritas pemilihan damai untuk menghindari konflik horizontal.

Selain itu, untuk mengamankan Pilkades Serentak ini diterjunkan 3.800 aparat gabungan yang berasal dari Polri, TNI, dan unsur terkait lainnya.

Pembacaan deklarasi dan penandatanganan tersebut dilaksanakan di Alun-alun Kota Subang, Selasa (27/11/2018).

Hadir dalam acara tersebut Plt. Bupati Subang H Ating Rusnatim, Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni, Dandim 0605/Subang Letkol Arh Edi Maryono, Anggota DPRD Subang, dan perwakilan Kejari Subang serta para Camat.

Baca Juga:  Komisi V DPR RI: Masalah Narkoba Dapat Memicu Perpecahan Bangsa

Plt. Bupati Subang, Ating Rusnatim, meminta pada para calon kades yang ikut berkontestan agar menepati janji Pilkades damai.

Dia juga meminta agar para calon dan pendukung untuk menjaga keamanan serta mensukseskan dan berharap untuk panitia jujur dan netralitas dalam tugasnya.

“Untuk calon kades, ikrar damai ini jangan hanya sebatas dibaca, akan tetapi tepati janji itu, siap menang dan siap kalah,” kata Ating

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni, mengatakan, jumlah desa yang akan melaksanakan Pilkades Serentak 2018 sebanyak 165 Desa dari 28 kecamatan. Kapolres mengajak semuanya selalu menjaga Kamtibmas.

Baca Juga:  Warga Maripari Kecewa Penyaluran BNPT Tidak Sesuai

“Mari bersama-sama menjaga Kamtibmas dalam pergelaran Pilkades ini,” kata Kapolres

Kapolres menyebutkan, 2000 personel Polres Subang akan diturunkan guna mengamankan jalannya Pilkades, akan bekerjasama dengan TNI dan unsur terkait lainnya.

“Totalnya sekitar 3.800 aparat gabungan untuk mengamankan jalannya Pilkades Serentak agar berjalan lancar dan aman” ujar Kapolres

Menurut Kapolres, aparat gabungan sebanyak 3.800 tersebut akan kita sebar ke tiap-tiap desa yang melaksanakan Pilkades.

Baca Juga:  Kritik Pedas HMI Untuk KNPI Karawang

“Tiap desa yang melaksanakan Pilkades akan dijaga oleh 30-40 personil aparat gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan Linmas,” ungkapnya

Ditegaskannya, pihaknya tidak akan segan menindak tegas kepada siapa pun termasuk calon kades maupun pendukungnya yang sengaja menggangu proses pelaksanaan Pilkades.

Dandim 0805 Subang, Letkol Arh Edi Maryono, mengatakan, TNI akan memback up Polri dalam mengamankan pelaksanakan pilkades serentak.

“Intinya kami juga siap mengamankan pelaksanaan Pilkades pada 5 Desember 2018 mendatang itu,” kata Dandim. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat