Ada Kuota Cadangan Untuk Calon Jemaah Haji Di Daerah Ini

JABARNEWS | PANGANDARAN – Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, menyiapkan tujuh kuota cadangan calon jemaah haji pada pemberangkatan musim haji tahun 2018. Kuota itu dialokasikan untuk calon jemaah haji yang telah terdaftar untuk pemberangkatan tahun 2019.

“Hingga saat ini dari tujuh kuota cadangan yang disiapkan, baru terisi satu kuota, karena calon jemaah haji yang sebelumnya akan berangkat tahun ini berhalangan, ” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pangandaran, Ujang Sutaryat, dikutip HR Online, Kamis (2/8/2018).

Baca Juga:  896 Pejabat Pemkab Ciamis Dirotasi

Ujang mengatakan, calon jemaah haji yang mengisi kuota cadangan terlebih dahulu akan diverifikasi oleh Kemenag. Selanjutnya, membuat pernyataan secara tertulis.

“Calon jemaah harus haji siap lahir batin untuk melaksanakan ibadah haji pada tahun 2018, dan bersedia untuk tidak melalui salah satu KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) atau menjadi calon jemaah haji mandiri. Selanjutnya, juga harus bersedia berangkat, jika pemberangkatannya dengan kloter lain,” katanya.

Baca Juga:  Pemkab Lelang Sejumlah Jabatan Strategis Di Purwakarta

Disebutkannya, tahun 2018, jumlah calon jama’ah haji asal Kabupaten Pangandaran sebanyak 390 orang dan dipastikan masuk pada kloter 57 Jawa Barat. Mereka yang diberangkatkan akan didampingi oleh 6 petugas, terdiri dari tim pemandu haji Indonesia 1 orang, tim pembimbing ibadah haji Indonesia 1 orang, tim kesehatan haji Indonesia 3 orang, dan tim pembimbing haji daerah 1 orang.

Calon jama’ah rencananya akan dikumpulkan di Bumi Perkemahan Pamugaran, Pangandaran, pada hari ini, Kamis 2 Agustus 2018, dari jam 17.00-19.00 WIB. Setelah itu, pada jam 19.00 WIB akan dilakukan pelepasan oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran, selanjutnya jam 20.30 WIB calon jama’ah mulai masuk bus.

Baca Juga:  Lowongan CPNS 2018, Prioritas Guru Dan Tenaga Kesehatan

Sedangkan, untuk pemberangkatan dilaksanakan pada jam 21.30 WIB, dan tiba di Asrama Haji hari Jumat, 3 Agustus 2018, jam 11.45 WIB. Calon jemaah haji akan diberangkatkan menggunakan 9 bus dan satu bus cadangan. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat