Ban Mobil Kalian Sering Botak Sebelah? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Penyebab Ban mobil botak sebelah kerap menjadi pertanyaan yang banyak muncul. Hal itu timbul karena merasa bingung. Padahal, biasanya penggantian ban mobil dilakukan secara serentak.

Untuk mengetahui Penyebab Ban mobil botak sebelah. Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Namun, kalian mesti terlebih dahulu mengetahui akar masalahnya. Lalu, apa Penyebab Ban mobil botak sebelah?

Berikut beberapa Penyebab Ban mobil botak sebelah yakni:

Pertama. Sudut Kemiringan Ban Tidak Lurus – Sentuhan permukaan ban ke medan jalan sudah seharusnya rata. Sehingga permukaan pun akan memberikan tapak cukup sempurna. Namun saat pengaturan sudut kemiringan ban tidak lurus, maka permukaan yang seharusnya menapak secara sempurna dan rata tak akan lagi bisa didapat.

Baca Juga:  Gunakan Beladiri Merpati Putih, Kopassus Pecahkan Rekor MURI Patahkan Besi Dragon

Tidak heran apabila kondisi kemiringan sudut ban tidak lurus menjadi salah satu penyebab utama ban mobil habis sebelah. Kondisi sudut tak rata membuat ada sebagian permukaan akan lebih condong ke luar dan mengakibatkan tapak ban akan tergerus aspal lebih dulu.

Kedua. Setelan Suspensi – Tidak saja hanya masalah pengaturan sudut kemiringan dan juga tekanan angin ban yang salah. Ban mobil habis sebelah juga bisa dikarenakan setelan suspensi dipakai tidak tepat. Alhasil membuat sudut tegak lurus dengan tanah menjadi tidak sesuai.

Baca Juga:  Suhu Udara di Bandung Raya Lebih Dingin, Ini Penjelasan BMKG

Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan adanya satu sisi dari ban yang akan menapak ke medan jalan dengan tidak sempurna. Dan hal inilah salah satu faktor membuat kondisi permukaan ban akan lebih cepat aus atau habis.

Ketiga. Tekanan Angin Ban yang Dipakai – Penyebab lain tidak akan kalian sadari saat ban mobil habis sebelah yakni tekanan angin yang digunakan. Umumnya setiap jenis ban punya ukuran tekanan angin yang berbeda-beda. Hal itu bisa kalian lihat pada bagian pedoman setiap ban yang digunakan.

Baca Juga:  Ratusan Masyarakat Deli Serdang Ikuti Vaksinasi Massal Lantamal I Belawan

Jika tekanan angin ban mobil terlalu sedikit, maka hal ini dapat membuat sisi bagian tengah akan lebih cepat aus. Sementara jika tekanan angin ban digunakan terlalu berlebihan. Maka bagian tengah ban akan lebih cepat termakan. (Red)