Begini Cara Yang Bisa Dilakukan Agar Terhindar Dari Mafia Tanah

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam dunia jual beli tanah, pastinya kalian akan mengenal dengan nama Mafia Tanah. Sebisa mungkin kalian mesti menghindari membeli tanah dari mafia.

Hal itu terjadi karena kebanyakan, Ketika Kita membeli Tanah dari orang Manfia bisa berpotensi munculnya masalah baru. Contohnya Seperti tanah sengketa. Maka dari itu kalian mesti pintar dalam membeli tanah.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara agar terhindar dari Mafia Tanah yakni:

Baca Juga:  Bakal Digaji Rp20-25 Juta, Pemerintah Jepang Cari Pekerja Indonesia

Pertama. Cek Keaslian Sertifikat – Sertifikat bisa saja langsung ditunjukkan ke kamu oleh penjual ketika hendak membeli tanah. Namun, jangan terlena. Bisa saja itu sertifikat palsu yang dibuat mafia tanah.

Cobalah untuk mengecek keaslian sertifikat tanah tersebut ke Badan Pertanahan Nasional maupun daerah. Sekarang, kamu juga bisa mengecek sertifikat tanah secara online.

Baca Juga:  Blusukan ke Kota Bandung, AMS dan ACT Bagikan Ratusan Beras dan Daging

Kedua. Bertemu Langsung dengan Pembeli atau Penjual – Kalau mau melakukan transaksi jual beli tanah, pastikan kamu bertemu langsung dengan pembeli atau penjualnya untuk melakukan negosiasi.

Langsung tolak apabila partner jual beli kamu menawarkan perwakilan karena bisa jadi itu merupakan komplotan mafia tanah yang mau menipu kamu.

Ketiga. Tanda Batasan Tanah Harus Jelas – Selain dengan sertifikat, kamu harus memberikan tanda kepemilikan terhadap tanah yang kamu punya dengan memberi tanda batasan fisik yang jelas.

Baca Juga:  Mendag Enggar Pantau Pasar Murah Di Pondok Pesantren

Contohnya, kamu bisa menggunakan pagar. Ini karena tanah yang nggak punya batasan jelas sering kali dimanfaatkan oleh mafia tanah untuk dibuatkan “sertifikat palsu” dengan memecah-mecah area luas tanah yang kamu miliki. (Red)