Begini Tanda Kampas Rem Motor Kalian Minta Diganti

JABARNEWS | BANDUNG – Kampas Rem menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor, rem memiliki fungsi memperlambat dan menghentikan putaran roda. Harus selalu diperhatikan, kinerja tak maksimal pada rem bisa menjadi penyebab kecelakaan.

Karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya memperhatikan kondisi kampas rem secara rutin. Karena pergantian komponen ini tak bisa ditentukan dengan menggunakan panduan jarak tempuh. Kampas rem bisa lebih cepat habis dan juga lebih awet.

Baca Juga:  Merinding, 7 Cara Untuk Melihat Hantu Ini Lebih Baik Tidak Dipraktikkan

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa tanda kampas rem motor mesti diganti yakni:

Pertama. Muncul Suara Berdecit – Tanda kampas rem yang pertama mesti diganti yakni munculnya suara Berdecit saat melakukan pengereman.

Biasanya akan muncul suara berdecit yang terjadi karena kampas sudah menipis. Suara ini biasanya juga muncul ketika rem basah atau sudah kotor, namun pada kasus ini akan hilang setelah kering atau dibersihkan.

Baca Juga:  Terima Pengaduan Warga, YLKPN Jabar Laporkan Dugaan Pungli Bansos Ke Kejari Cianjur

Kedua. Tuas Rem Lebih Dalam – Tanda selanjutnya untuk mengetahui kampas rem motor kalian mesti diganti yakni tuas rem lebih dalam. Hal tersebut bisa kalian rasakan saat melakukan pengereman.

Indikasi ini dapat dirasakan pada sistem rem tromol. ampas yang menipis memperbesar jarak antara dinding muka kampas dengan dinding cakram atau drum sehingga membuat jarak tarik tuas rem semakin jauh.

Baca Juga:  Masyarakat Desa Cikalahang Tolak Pemanfaatan Air Oleh PDAM Tirta Kemuning

Ketiga. Minyak Rem Berkurang – Selain tuas rem lebih dalam, dan munculnya suara berdecit, Minyak rem berkurang juga menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem motor mesti segera diganti.

Ketika kampas rem aus, penggunaan minyak rem akan lebih banyak. Artinya ketika kampas rem tipis minyak rem berkurang banyak yang mana akan berujung pada tidak maksimalnya sistem pengereman. (Red)