Berikut Beberapa Makanan Penyebab Gagal Ginjal, Diantaranya Jeruk

JABARNEWS | BANDUNG – Ginjal merupakan salah satu organ utama dalam tubuh manusia. Ginjal memiliki banyak fungsi, di antaranya menyaring darah, membuang limbah atau kotoran sisa metabolisme, mengontrol tekanan darah, dan mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam darah.

Hal tersebut bisa menjadi terganggu jika ginjal kalian mengalami masalah seperti gagal ginjal. Gagal ginjal sendiri merupakan salah satu penyakit diakibatkan oleh banyak penyebab diantaranya makanan.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal yakni:

Baca Juga:  Meike Yolanda, Penyanyi Asal Yogyakarta dengan Lagunya 'Bertepuk Sebelah Tangan'

Pertama. Daging – Makanan penyebab gagal ginjal yang pertama adalah daging. Mengonsumsi daging dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah pada ginjal.

Hal ini lantaran protein hewani sulit untuk dicerna sehingga dapat menyebabkan beban berat pada ginjal. Tak hanya itu, pola makan tinggi protein hewani secara rutin dinilai dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Baca Juga:  DPC PPP Purwakarta Bakal Gelar Muscab, Siapa Calonnya?

Kedua. Jeruk – Makanan penyebab gagal ginjal berikutnya adalah buah jeruk. Jeruk rupanya memiliki kandungan potasium meski kaya akan vitamin C. Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 240 mg potassium.

Tingginya kandungan potassium tersebut membuat ginjal cenderung berfungsi secara lebih keras. Saat tubuh memiliki kandungan potasium yang terlalu banyak serta ginjal yang tak dapat membuang kelebihannya, maka jelas hal ini dapat mengancam kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Hajat Laut, Bupati Pangandaran Tabur Bunga Di Pantai Timur

Ketiga. Gula – Dilansir dari Halodoc, gula juga merupakan salah satu sumber makanan penyebab gagal ginjal. Bukan hanya diabetes, berbagai makanan yang mengandung banyak gula juga dapat membahayakan kesehatan dari fungsi ginjal.

Kandungan gula pada aliran darah dapat menyebabkan hipertensi. Penyakit tersebut secara tidak langsung juga berdampak bagi kesehatan ginjal. Tak mustahil pula kelebihan gula pada darah akan menyebabkan gagal ginjal akut. (Red)