Berikut Manfaat King of Fruit (Durian) Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Durian adalah nama tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri.

Sebutan populernya adalah raja dari segala buah (King of Fruit). Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagian yang lain malah muak dengan aromanya.

Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama durian bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga Durio. Namun, yang dimaksud dengan durian biasanya adalah Durio zibethinus. Jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadang kala ditemukan di pasar.

Baca Juga:  Beberapa Cara Merawat Musang Sebagai Hewan Peliharaan Di Rumah

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat durian bagi kesehatan:

1. Tinggi antioksidan – Buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

2. Kaya Akan Serat – Manfaat durian lainnya datang dari serat yang terkandung di dalamnya. Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga:  Aplikasi Sapa Polres Diluncurkan Di Garut

3. Kuatkan tulang – Kaya akan kalsium, kalium dan vitamin B. Kehadiran vitamin kalsium, kalium dan B dalam jumlah yang signifikan membuat buah ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.

Kalsium sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan pemeliharaan tulang. Orang-orang yang tidak mengkonsumsi kalsium yang cukup sebelum usia 20-25 memiliki risiko yang jauh lebih tinggi terkena penyakit tulang rapuh atau osteoporosis di kemudian hari.

4. Cegah anemia – Durian mengandung sejumlah mineral yang berbeda, termasuk asam folat tingkat tinggi, yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah. Kekurangan folat dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang dihasilkan. Durian adalah sumber folat yang baik bersama dengan tembaga dan besi.

Baca Juga:  20 Persen Warga Cimahi Mengakses Sanitasi Tak Layak, 4.588 Orang Diare

5. Meningkatkan imunitas – Buah durian sangat membantu sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Sistem kekebalan melindungi tubuh dari pengaruh berbahaya dari lingkungan. Vitamin C sangat bagus untuk melawan penyakit seperti flu, merangsang penyembuhan luka, dan meningkatkan aliran darah.

Penulis: Muhammad Amaludin