Demiz Akan Siapkan Infrastruktur Priangan Timur

JABARNEWS | KUNINGAN – Pengembangan infrastruktur jalan di wilayah priangan timur, termasuk yang ada di wilayah Kuningan, Ciamis dan lainnya menjadi salah satu komitmen Cagub Jabar Deddy Mizwar.

Deddy mengatakan upaya ini penting mengingat di wilayah tersebut banyak objek wisata yang menjadi perhatian masyarakat juga mengantisipasi tumbuhnya ekonomi paska beroperasinya Bandara Kertajati, Majalengka.

“Objek wisata di Jabar itu banyak, tapi itu harus diperhatikan terutama dari aspek aksesibilitas, atraksi, dan amenitas, itu syaratnya agar potensi wisata berkembang,” jelas Deddy Mizwar saat berkunjung ke objek wisata Waduk Darma Kuningan, Kamis (29/3/2018).

Menurut Cagub Jabar nomor urut 4 tersebut aksesibiltas sangatlah penting untuk mendorong dan menggali potensi potensi yang dimiliki objek wisata. Sehingga hal tersebut pun bisa mempermudah dan mempercepat gerak para wisatawan.

Baca Juga:  BMKG Jatiwangi Prediksi Musim Hujan Di Bulan Oktober

“Jadi perlu dipikirkan bagaimana akses yang bagus untuk kemari, nanti setelah BIJB jadi mungkin jalan tol ada kesini, jalan lingkar, itu bisa berkembang cepat,” katanya.

Termasuk juga untuk akses ke objek wisata waduk Darma, Kuningan yang harus dibenahi sehingga para wisatawan pun bisa mengaksesnya dengan mudah.

“Akses langsung ke Waduk Darma, itu harus dibuat dan direncanakan, bagaimana dari Majalengka ke Kuningan berapa lama, itu yang harus diperhatikan,” katanya.

Menurutnya itu harus menjadi perhatian, apalagi sebentar lagi Bandara Kertajati akan segera dibuka dan dioperasionalkan. Namun demikian, di sisi lain, masyarakat pun harus bersiap untuk menghadapi perkembangan dan melonjaknya kunjungan wisata ke daerah tersebut.

Baca Juga:  Libur Panjang Paskah, Pelaku Wisata di Lembang Harapkan Geliat Wisatawan

“Masyarakatnya harus disiapkan lebih baik, sebab saat pariwisata berkembang maka ini multiplier efek. Ada berbagai industri bisa berkembang, kesiapan warganya sendiri harus betul-betul terlatih, jangan sampai ini berkembang dampaknya warga malah tersingkirkan,” katanya.

Oleh karena itulah lanjutnya, skill dan kemampuan sumber daya manusia nya harus terus ditingkatkan. Baik dari sisi pendidikan formal maupun non formal atau pelatihan-pelatihan.

“Jadi pendidikan seperti apa yang harus disiapkan untuk menunjang destinasi wisata. Baik itu pendidikan perhotelannya, kuliner, kerajinan tangan, fashion dan lainnya. Itu harus disiapkan,” katanya.

Baca Juga:  Jogging di Pedesaan Sambil Memandang Sawah

Menurutnya, peningkatan pendidikan dan keterampilan tersebut sangat penting, sehingga masyarakat sekitar pun bisa menikmati perkembangan ekonomi di wilayahnya masing masing.

“Kalau kunjungan wisatanya meningkat, SDM nya pun harus meningkat, kalau tidak maka akan ada orang lain dari luar daerah yang akan mengisi peluang peluang disana, akibatnya warga sekitar tidak akan mendapat apa apa,” katanya.

Seperti diketahui, dalam kampanye ke wilayah priangan timur Deddy Mizwar sempat mengunjungi beberapa objek wisata. Selain Pantai Pangandaran dan Situ Lengkong Ciamis, Jenderal naga bonar pun mengunjungi Waduk Darma. (Wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat