Disparbud Jabar Targetkan 1,57 Juta Wisatawan Mancanegara

JABARNEWS | SUBANG – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud)  Provinsi Jawa Barat Hj Ida Harnida menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Jawa Barat tahun 2018 mencapai angka 1,57 juta wisatawan.

Ida mengaku sangat optimis dan akan meningkatkan kinerja Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

“Untuk wisatawan nusantara sebanyak 58 juta wisatawan, dan wisatawan mancanegara adalah 1 juta 750 ribu wisatawan,” kata Ida disela-sela acara Fun Adventur Sari Ater 2018, di Obyek Wisata Sari Ater, Subang, Minggu(6/5/2018).

Baca Juga:  TB Hasanudin Imbau Tak Lakukan Kampanye Hitam

Kata Ida, Kabupaten Subang menjadi salah satu daerah yang memang menjadi daya tarik wisatawan.

“Tentunya, kabupaten Subang saat ini menjadi urutan ke dua sebagai pemenuhan pariwisata di Jawa Barat,” kata Ida.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Subang H Ahmad Sobari, pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia merupakan prasyarat untuk mengembangkan sektor pariwisata.

Baca Juga:  Muhadjir Effendy: Penanganan Gempa Harus Mengutamakan Korban

“Artinya, pembangunan infrastruktur merupakan persyaratan mutlak, nomor satu, sebelum membuat yang lainya. Kita lakukan promosi, tapi kalu infrastruktur belum mendukung, pastinya daya minat wisatawanya agak kurang,” kata Ahmad seraya mengatakan infrastruktur lebih penting ketimbang promosi.

Menurut Ahmad Kabupaten Subang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki atau kaya akan potensi wisata yang belum secara optimal dikelola.

Baca Juga:  Berangkat Dari Kertajati, Tiga Kloter Calhaj Langgar Aturan

“Saya melihat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemajuan destinasi di Kabupaten Subang ini. Yaitu salah satunya infrastruktur transportasi, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam mempromosikan destinasi Subang,” ungkapnya. (Mar)

 

Jabarnews | Berita Jawa Barat