Gara–Gara Foto Bareng Cawagub, ASN Ini Dipanggil Panwaslu

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tasikmalaya menerima laporan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh salah seorang aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Tasikmalaya,  Kamis (29/3/2018).

Dalam laporan itu disebutkan, di akun Instagram bernama Ruzhanul, salah seorang ASN yang merupakan pejabat eselon II berfoto bersama dengan Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum dan menunjukan tanda jempol.

Baca Juga:  Gratis, Pengobatan Jemaah Haji Indonesia

“Hal itu kami dapat di salah satu media sosial yang dimiliki oleh Bapak Uu Ruzhanul Ulum. Dalam Instagram itu sangat jelas diposting beberapa jam yang lalu. Ini masuk dalam dugaan pelanggaran kode etik ini,” terang Ketua Panwaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda, di ruang kerjanya, Kamis.

Baca Juga:  Masalah PPDB, RK Duga Karena Kuota Zonasi 90 Persen

Dia menjelaskan, itu masuk dalam pelanggaran Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2014 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS. Dalam aturan disebutkan, ASN dilarang berfoto bersama dengan calon kepala daerah dengan mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk dukungan.

“Nah, apabila ASN melanggar, itu sudah melawan kode etik,” tandasnya.

Baca Juga:  Bertemu OJK, Ridwan Kamil Bahas Berbagai Potensi Keuangan

Ditambahkannya, pihaknya akan secepatnya akan mengirim undangan kepada ASN yang bersangkutan supaya datang ke Panwaslu.

“Kami akan minta penjelasannya dari ASN tersebut. Insya Alloh pada Sabtu (31/3/2018) mendatang kami minta ASN tersebut hadir di Panwaslu,” terangnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat