Gas Motor Kalian Sering Nyangkut? Waspada, Jangan-jangan Ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Permasalahan pada motor biasanya  beragam, salah satunya ketika akan menggunakan motor tiba-tiba gas menjadi lengket alias nyangkut.

Kondisi ini sangat membahayakan bagi penggunanya maupun bagi pengendara lain. Pasalnya untuk mengendalikan gas yang nyangkut ini sangat sulit, terlebih bagi mereka yang panikan. Hal tersebut terjadi karena berbagai macam penyebab.

Oleh karena itu berikut beberapa penyebab gas motor nyangkut yakni:

Baca Juga:  Observatorium Bosscha Amati Hilal selama 3 Hari, Kapan Mulai Ramadhan?

Pertama. Skep Karburator yang Kotor – Kotornya bagian skep karburator bisa memicu baretnya permukaan skep yang mana akhirnya skep menjadi sulit naik dan turun. Ketika kondisi itu terjadi, maka gas motor akan terasa nyangkut meskipun posisi sudah kembali seperti awal.

Baret pada skep karburator ini bisa kalian atasi dengan membongkar skep kemudian amplas menggunakan amplas yang halus. Pastikan seluruh bagian skep sudah bersih lalu berikan pelumas sebelum memasangkan kembali.

Baca Juga:  ASN Peduli di Kota Bogor Diminta Bantu Pelaku Usaha Mikro

Kedua. Kerusakan pada Handle – Kondisi handle gas pada motor yang rusak juga bisa menjadi pemicu gas menjadi nyangkut. Biasanya kondisi ini terjadi karena terdapat kotoran di dalamnya. Tak jarang kotoran tersebut hingga menjadi karat yang akhirnya menyebabkan sulitnya menggerakkan handle gas.

Cara mengatasinya cukup mudah, kalian harus melihat kondisi handle dengan membongkarnya terlebih dulu. Jika masih memungkinkan untuk kalian gunakan kembali, maka cukup bersihkan saja. Namun jika kondisinya sudah parah, segera lakukan penggantian handle gas dengan yang baru.

Baca Juga:  Sukasari Purwakarta Longsor, Akses Jalan Tertutup

Ketiga. Tali Gas Aus – Ketika tali gas mulai aus, otomatis handle gas juga terasa berat hingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara. 

Kondisi seperti ini juga bisa menyebabkan gas motor menjadi nyangkut karena tarikan gas akan terasa seret. (Red)