Ini Penyebab Kram Otot Saat Tidur, Diantaranya Kekurangan Cairan

JABARNEWS | BANDUNG – Hampir semua orang pernah mengalami kram otot. Saat kamu menggunakan otot yang bisa dikontrol, seperti bagian laki dan lengan, otot akan secara bergantian melakukan kontraksi dan relaksasi.

Gerakan otot yang melakukan kontraksi tanpa dikehendaki disebut dengan spasme. Nah, spasme terjadi secara berkelanjutan dan cukup kuat, terjadilah kondisi medis yang dinamakan kram otot.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa penyebab kram otot ketika sedang tidur yakni:

Baca Juga:  Gempa Bermagnitudo 5,0 Guncangkan Pangandaran

Pertama. Kurang Cairan atau Dehidrasi – Penyebab terjadinya kram otot pada saat sedang tidur malam yang pertama yakni Kekurangan cairan atau dehidrasi berlebih.

Dehidrasi bisa membuat kamu mengalami kram otot. Tidak hanya karena cuaca yang panas, kurang asupan cairan sudah pasti memicu terjadinya kondisi ini. Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Baca Juga:  Tiga Cara Mudah Untuk Merawat V-belt Agar Awet Dan Tahan Lama

Kedua. Posisi Tidur yang Keliru – Penyebab kram otot selanjutnya yakni posisi tidur yang keliru, hal tersebut tentunya sering terjadi, kram pada otot disebabkan karena posisi tidur yang keliru.

Misalnya, kamu tidur dengan posisi telungkup dalam waktu yang lama. Kondisi ini membuat kaki berada dalam posisi miring yang membuat kram menjadi lebih mudah terjadi.

Baca Juga:  Lestarikan Budaya Melayu Tebing Tinggi, Umar Zunaidi: Belajar Tenun Songket

Ketiga. Suplai Darah Tidak Mencukupi – Selain karena posisi tidur keliru dan dehidrasi, Kram otot saat tidur juga bisa terjadi karena kurangnya suplai darah ke bagian tubuh tertentu.

Suplai darah yang tidak mencukupi bisa menjadi salah satu penyebab kram otot. Ketika pembuluh darah yang bertugas mengalirkan darah ke kaki mengalami penyempitan, kamu akan merasa sakit yang mirip dengan kram. (Red)