Inilah 6 Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Piring

JABARNEWS | BANNDUNG – Ketika mencuci piring, pasti ada saja noda minyak yang sulit sekali hilang. Bahkan, mencuci piring berminyak langsung dengan sabun tidak akan menghilangkan nodanya dengan sempurna. Dalam kondisi berminyak, sebaiknya piring dibilas dulu dengan air panas. Tujuannya adalah untuk mengangkat lemak. Jika dengan air dingin, maka lemak akan menjadi lebih sulit terangkat.

Selain menggunakan sabun cuci piring yang tepat, ternyata ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai pengganti sabun cuci piring, di antaranya

1. Garam Kasar

Tak sekadar penyedap rasa, garam kasar dapat Anda gunakan untuk membersihkan peralatan dapur setelah masak. Kandungan mineral terkandung dalam garam mampu menyerap noda dan minyak bekas masakan. Anda dapat menggunakan garam kasar bersama lemon untuk menghilangkan noda-noda dan bekas minyak pada wajan besi ataupun centong kayu. Untuk membersihkan wajan besi, Anda cukup sikat secara perlahan-lahan dengan menggunakan garam kasar sambil memakai spons cuci piring. Setelah itu, Anda dapat membilas piring seperti biasanya.

Baca Juga:  Inilah Solusi dari Komisi II DPR RI Terkait DOB

2. Baking Soda

Selain sebagai bahan kue, baking soda juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda-noda dan bekas minyak pada wajan. Kondisi wajan yang lengket karena sisa minyak bekas penggorengan bisa Anda hilangkan dengan baking soda. Namun pemakaian baking soda di sini harus Anda gabungkan dengan sabun cuci. Cukup campurkan secukupnya sabun cuci piring dengan sedikit baking soda, lalu cuci wajan seperti biasanya. Noda masakan dan bekas minyak pun akan hilang, sehingga wajan tidak menjadi kotor dan lengket lagi.

3. Cuka

Cuka memang sering Anda gunakan saat makan Agar rasa masakan makin sedap. Namun ternyata, cuka pun bisa membantu Anda untuk bersihkan berbagai noda membandel yang ada di talenan. Tak hanya membuatnya menjadi bersih, talenan berbahan kayu pun terhindar dari menumpuknya kuman-kuman dan bakteri. Caranya cukup mudah, yaitu dengan merendam talenan beberapa menit yang sudah diberikan sedikit cairan cuka dan air panas, lalu sikat-sikat secara perlahan dan bilas seperti biasa. Lakukan cara ini setiap hari setelah Anda menggunakan talenan.

Baca Juga:  Taman Kantor UPT Disdik di Tebing Tinggi Tak Terawat, Mirip Hutan

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan dapur yang sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan dasar produk sabun cuci piring. Lemak-lemak yang ada di piring kotor bisa lebih cepat dibersihkan dan menggunakan jeruk nipis juga mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman. Selain itu, kandungan jeruk nipis pun dapat menyingkirkan bau tak sedap dari aroma tajam makanan yang telah menempel di piring, sehingga piring tak hanya bersih, namun juga harum dan anti kuman.

5. Lidah Buaya

Seperti kita ketahui, lidah buaya seringkali terdapat dalam kandungan produk-produk kesehatan dan kecantikan karena khasiatnya. Nah, bagi Anda yang sering mengeluh kulit kasar dan perih saat cuci piring, mulai sekarang Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dari lidah buaya. Hal ini karena kandungan lidah buaya dapat melembutkan dan menyegarkan kulit. Nutrisi terbaik di dalamnya terdiri dari kandungan air, mineral, dan vitamin. Dengan penggunaannya yang digabung bersama jeruk nipis, maka tak hanya dapat menjaga kelembutan tangan saja, tetapi juga dapat membuat piring menjadi kinclong.

Baca Juga:  Meski Sukma Minta Maaf, Aksi Tetap Digelar

6. Belimbing Wuluh

Cara lain untuk bersihkan peralatan masak yaitu dengan menggunakan belimbing wuluh. Untuk peralatan masak dari keramik, Anda bisa kupas belimbing wuluhnya terlebih dahulu, lalu gosokkan pada noda yang ada di keramik. Diamkan beberapa menit, lalu gosok menggunakan kain lap sampai bersih. Untuk peralatan masak berupa porselen, Anda dapat menggosokkannya pada noda di permukaannya, lalu diamkan beberapa menit dan dibilas pakai air sampai bersih.

Nah itulah tadi bahan-bahan alami yang ternyata dapat digunakan untuk mencuci bersih peralatan dapur dari noda lemak yang membandel. Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mencobanya. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hipwee

Jabarnews | Berita Jawa Barat