Jangan Anggap Sepele, Tiga Kebiasaan Ini Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Menjaga daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang cukup penting. Apalagi dalam kondisi masa pandemi Covid-19 ini. Namun tak jarang orang menyepelekan hal tersebut.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, ada banyak cara yang bisa kalian lakukan. Disamping itu, kalian juga mesti mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab sepele yang bisa menurunkan daya tahan tubuh yakni:

Baca Juga:  Bank Bjb Dukung Vaksinasi Massal ITB

Pertama. Tidak Peduli dengan Kebersihan Gigi dan Mulut – Banyak yang belum tahu jika kebiasaan sikat gigi jarang-jarang bisa mengakibatkan penurunan daya tahan tubuh seseorang.

Ketika seseorang jarang menyikat giginya, ini akan memicu reaksi inflamasi di bagian mulut akibat sisa makanan yang tertinggal. Reaksi inflamasi yang terjadi kemudian bekerja lembur, akibatnya lama-kelamaan hal tersebut memicu penurunan pada sistem daya tubuh seseorang.

Baca Juga:  Fosil Gading Gajah Purba Sepanjang 3,6 Meter Ditemukan Di Majalengka

Kedua. Malas Bergerak – Selain bisa membuat imun tubuh menurun, ketika kita hanya berdiam diri di kamar dan malas bergerak sirkulasi udara di dalam kamar lama-lama bisa jadi tidak sehat. Karenanya, dianjurkan untuk tetap aktif bergerak meski hanya di rumah saja.

Misalnya saja dengan beres-beres kamar, mengganti seprai, mengepel lantai, senam kecil untuk meregangkan otot-otot maupun berjemur di bawah matahari pagi.

Ketiga. Cemas Berlebihan – perasaan cemas yang berlebihan tersebut akhirnya bisa memicu imunitas tubuh menurun secara drastis. Pasalnya, ketika kita merasa cemas, perasaan tersebut akan memicu detak jantung lebih cepat.

Baca Juga:  Sejak Desember 2020, Nakes Di Bandung Barat Belum Terima Insentif

Tubuh pun kemudian menjadi lebih cepat capek dan mudah jatuh sakit karena daya tahan tubuh menurun. Satu hal yang harus dipahami, bahwa siapapun pasti punya masalah dalam hidupnya. Apapun yang terjadi jangan sampai kehilangan tujuan yang membuat diri terlalu cemas berlebihan. (Red)