Lempuyang, Tanaman Herbal Yang Memiliki Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Manfaat lempuyang untuk kesehatan mungkin tidak sepopuler jenis tanaman seperti, jahe, kunyit, daun sirih, sereh, temulawak, dan sebagainya. Padahal lempuyang sendiri telah sejak lama digunakan oleh masyarakat lokal Indonesia sebagai obat tradisional khususnya sebagai bahan jamu.

Manfaat lempuyang untuk kesehatan sendiri, tidak lain karena adanya berbagai senyawa bioaktif metabolit seperti alkaloid, saponin, flavonoid, polyphenol, dan essential oil antara lain humulene, caryophyllene, zingiberene, dan zerumbone.

Baca Juga:  Ingin Banyak yang Nonton? Ini Jadwal Jam FYP TikTok

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat lempuyang bagi kesehatan yakni:

Pertama. Meringankan peradangan – Lempuyang mengandung senyawa anti inflamasi yang dapat mengatasi peradangan, baik akibat infeksi virus atau bakteri maupun dalam proses pemulihan luka.

Oleh karena itu, tanaman herba ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala yang muncul akibat peradangan, seperti demam, nyeri, dan pembengkakan di bagian tubuh.

Baca Juga:  Hari Anak Nasional, 58 Anak di LPKA Bandung Diusulkan Dapat Remisi

Kedua. Meredakan demam – Lempuyang sudah sejak lama digunakan sebagai tanaman herbal untuk mengatasi demam secara alami. Manfaat ini berkat kandungan zat zerumbone yang memiliki efek antiradang dan pereda demam alami. Tak hanya itu, lempuyang juga memiliki efek antibakteri yang dapat mengatasi demam akibat infeksi bakteri.

Ketiga. Meringankan nyeri sendi – Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lempuyang memiliki sifat anti radang alami sekaligus efek anti nyeri sehingga dapat meredakan nyeri, termasuk nyeri sendi.

Baca Juga:  500 Ribu Warga Subang Belum Tercover BPJS

Nyeri sendi umumnya terjadi akibat adanya peradangan pada sendi atau osteoarthritis. Kondisi ini umumnya bisa mereda dengan sendirinya melalui perawatan mandiri di rumah, misalnya istirahat yang cukup dan kompres dingin pada sendi yang nyeri dan bengkak. (Red)