Mengenal Jenis Rumah Susun Di Indonesia Beserta Kegunaanya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada banyak jenis hunian tinggal yang bisa dimiliki oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah bangunan vertikal, yaitu rumah susun.

Jarang orang ketahui, ternyata rumah susun memiliki banyak jenisnya. Maka dari itu kalian mesti mengenal ragam jenis rumah susun yang ada di Indonesia ini.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis rumah susun yang ada di Indonesia serta kegunaanya yakni:

Pertama. Rusunawa – Rumah susun sewa, atau dikenal juga dengan nama rusunawa, merupakan tempat tinggal yang ditujukan bagi penyewa dari kalangan menengah kebawah.

Pengelolaannya dilakukan pemerintah dan para penyewa harus mengikuti sederet pemeriksaan untuk dapat menyewa salah satu rusunawa. ketika kalian bingung mencari rumah sewaan. Rusunawa bisa menjadi solusinya.

Baca Juga:  Ubah Konsep Wisata, Dusun Bambu Kini Jadi Restoran Outdoor

Kedua. Rusunami – Rumah susun jenis ini dapat dimiliki dengan melalui program angsuran. Seperti rusunawa, rusunami juga diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Baca Juga:  Orang KKP Hingga Ditjen Bea Cukai Dipanggil KPK, Ada Apa?

Namun calon penghuni akan diseleksi untuk menentukan apakah mereka berhak mendapatkan subsidi pembelian rumah dengan sistem angsuran ini. Bagi yang berminat, hal tersebut bisa kalian coba lakukan.

Ketiga. Rumah Susun Negara – Untuk memfasilitasi warga, khususnya yang sedang menjalankan tugas negara. Selain sebagai tempat tinggal, rumah susun ini berfungsi juga sebagai sarana pembinaan keluarga dan sarana penunjang pelaksanaan tugas pejabat dan pegawai negeri.

Baca Juga:  Surat Edaran Disdik Bikin Berat Orangtua

Keempat. Rumah Susun Khusus – Sesuai dengan namanya, rumah susun ini digunakan untuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Beberapa contohnya antara lain mereka yang berusia lanjut, warga yang terdampak program pembangunan pemerintah, tenaga kesehatan, dan masih banyak lagi.

Kelima. Rumah Susun Komersial – Rusun ini biasa dikenal dengan nama apartemen. Pembangunannya ditujukan untuk masyarakat menengah keatas yang membutuhkan tempat tinggal. Pengelolaannya pun dilakukan sepenuhnya oleh pihak swasta. (Red)