Mengenal Ragam Jenis Kopling Yang Biasa Digunakan Pada Mobil

JABARNEWS | BANDUNG – Jenis Kopling mobil yang bisa digunakan ternyata memiliki banyak rupanya. Kopling sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang bisa dibilang penting.

Sebelum membahas komponen lain, ada baiknya kalian mengenal jenis kopling mobil yang biasa digunakan. Dengan begitu kalian bisa mengetahui ragam jenis kopling mobil.

Oleh sebab itu berikut beberapa jenis kopling mobil yang biasa digunakan yakni:

Baca Juga:  Kasus COVID-19 dari Klaster Pesantren Kembali Muncul di Garut

Pertama. Kopling Manual – Jenis kopling mobil yang pertama dan biasa digunakan yakni kopling manual. Kopling ini termasuk ke dalam jenis kopling pengendali manual.

Memiliki ciri-ciri yang melengkapinya dengan pedal kopling. Penggunaan kopling mekanis pada mobil-mobil yang mendukung transmisi manual atau three-pedal.

Kedua. Kopling Otomatis – Jenis kopling mobil selanjutnya yakni kopling otomatis. Kopling hidrolik yang bekerja dengan aliran hidrolik. Sistem ini secara normal menyebutnya dengan Torque Converter.

Baca Juga:  Horee..Lilik Gantikan Nadzar Aksi Jalan Kaki Amin

Sistem ini tidak membutuhkan pedal kopling. Hal itu karena telah bekerja secara otomatis memakai putaran mesin. Komponen mobil satu ini biasa digunakan pada salah satu mobil.

Ketiga. Kopling Gesek – Jenis kopling mobil lainnya yaitu kopling gesek atau Friction Clutch. Dalam pemindahan daya, memanfaatkan adanya gaya gesek. Hal itu terjadi antara penggerak dengan bagian yang akan digerakannya.

Baca Juga:  Anak Warga Lembang Tewas Itu, Teriak Mama Gogog

Penggunaan gaya gesek juga untuk kopling pada posisi terhubung atau terputus. Konsep dari kopling ini sudah banyak digunakan pada sistem untuk memindahkan tenaga kendaraannya. Terutama pada kendaraan yang ringan seperti halnya sedan juga mobil penumpang lainnya. (Red)