Poskamling di Jerukleueut Dinilai Dit Binmas Polda Jabar

JABARNEWS | MAJALENGKA – Dit Binmas Polda Jabar melakukan Penilaian lomba poskamling di Kabupaten Majalengka. Tepatnya di Blok Pon RT 03 RW 03 Desa Jerukleueut Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Senin (7/5/2018).

Penilaian ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan semangat masyarakat terhadap kepedulian warga, untuk ikut bersama-sama menciptakan rasa aman dan nyaman di wilayahnya. Selain itu lomba ini bertujuan memupuk rasa tanggung jawab sosial dalam lingkungannya dalam hal Pam Swakarsa dan Membudayakan Pemolisian Masyarakat.

Dalam pelaksanaan Penilaian Poskamling Kasat Binmas Polres Majalengka AKP Kustadi dan Kapolsek Sindangwangi Iptu H.Edy Purwanto mendampingi Kasubdit Binpuan Dit Binmas Polda Jabar AKBP Entis Sutisna dan Kasubdit Polmas AKBP Lilis Mulyani dan rombongan kegiatan Penilaian Poskamling tingkat Polda Jabar, yang berada di Blok Pin RT 03 RW 03 Desa Jerukleuet Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-72 Tahun 2018.

Baca Juga:  Polres Cirebon Razia Lapas Gintung

Kasubdit Bin Puan Dit Binmas Polda Jabar AKBP Entis Sutisna dalam arahannya menyampaikan tentang tata cara kinerja Poskamling yang baik dan benar serta tata cara penanganan kejadian dan memelihara Kamtibmas. Selain itu beberapa pertanyaan diajukan kepada awak Poskamling.

” Ditanyakan seputar tugas ronda menjaga ketertiban dan keamanan kemudian membantu penyelesaian perselisihan di masyarakat sebagai tupoksi FKPM dalam permasalahan ringan. Juga mengenai tamu dalam 1 X 24 Jam Wajib Lapor,” terangnya.

Baca Juga:  Inilah Tiga Daerah di Jabar yang Dipantau Ketat KPK

Dalam hal antisipasi kejadian pada saat kegiatan Ronda / Kamling wajib dan harus dibawa diantaranya borgol, senter, fungsi P3K. Dalam hal ini awak Poskamling wajib mengetahui FKPM dan 3 Pilar dan nomor telepon masing-masing Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa.

“Bunyi suara jenis kentongan kejadian harus diketahui oleh warga. Cara pemberitahuan himbauan Kamtibmas serta membangunkan warga pada saat sahur berbeda,” katanya.

AKBP Entis Sutisna SH sebut kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hut Bhayangkara yang ke-72. Kemudian dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan kembali siskamling di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga:  Kota Bandung Siap Gelar PTM, Begini Skemanya

Kapolres Majalengka AKBP Noviana Tursanurohmad melalui Kasat Binmas AKP Kustadi didampingi Kapolsek Sindangwangi Iptu H.Edy Purwanto berharap Poskamling ini dapat menjadi juara tingkat provinsi Jawa Barat sehingga menjadi motivator dan motor penggerak bagi warga binaanya. “Mari kita sama-sama mewujudkan Kamtibmas yang mantap dengan melibatkan warga dalam upaya pencegahan dan pengamanan di wilayah binaannya,” ujarnya.‎ (Rik)

Jabarnews | Berita Jawa Barat