Raih Pemilih Pemula Lewat Rock The Vote Indonesia

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya gelar program literasi politik “Rock the Vote Indonesia”, di halaman FISIP Unsil, Kota Tasikmalaya, Minggu (29/5/2018).

Perhelatan itu diproyeksikan untuk pemilih pemula pada Pemilihan Calon Gubernur (Pilgub) Jabar 2018.

Wakil Ketua Pelaksana Rock the Vote Unsil, Taufiq Nurohman, mengatakan, sosialisasi ini penting bagi pemilih pemula. Selain diajari aturan teknis kepemiluan, para mahasiswa juga didorong menumbuhkan kesadaran politik agar bisa menciptakan Pemilu berkualitas.

Baca Juga:  Oded M Danial Tegaskan Pancasila Kunci Kerukunan Umat Beragama

“Pemilih pemula, sangat kecil sekali yang memilih karena alasan kesadaran politik,” katanya.

Sekretaris KPU Jabar, Heri Suherman, pemilih pemula ini biasanya mereka mengikuti tren. Diharapkan, kegiatan ini bisa membangun kesadaran politik mahasiswa sehingga bisa menentukan hak pilih mereka sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Kabar Baik Soal Bantuan bagi Pekerja Seni dari Moeldoko

“Jika kita buka catatan KPU, jumlah pemilih pemula yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap mencapai 20% atau sekitar enam juta dari total 32,4 juta pemilih. Pemilih pemula ini menjadi rebutan para calon karena mereka belum pernah memilih. Mereka harus lebih kritis, lebih banyak mencari, menilai, sehingga pilihannya itu adalah pilihan yang tepat,” katanya.

Baca Juga:  Cipayung Butuh Perhatian, Mohammad Idris: Tak Diimbangi Pembangunan Merata

KPU mengharapkan, anak muda di Jabar ikut menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada Serentak di lingkungan masing-masing.

“Saya berharap generasi muda inilah yang mengajak para kawula mudan lainnya dan para orangtuanya datang ke TPS saat pemilu nanti. Sehingga target 75% pemilih saat Pilkada Serentak bisa tercapai,” tandasnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat