Ratusan Koper Calhaj Purwakarta Diberi Gantungan Unik

JABARNEWS | PURWAKARTA – Ratusan koper milik calon jemaah haji terlihat berjajar di Kantor Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta. Koper ini milik calon jemaah haji dari Purwakarta kloter 20.

Kepala Kantor Kemenag Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi mengatakan, kloter 20 akan mulai berangkat ke Asrama Haji Bekasi, Minggu (22/7/2018) malam. “Pengumpulan koper biru milik calon haji ini, harus selesai sehari sebelum keberangkatan ke embarkasi,” kata Tedi, Jumat (20/7/2018).

Baca Juga:  Warga Gempar: Dikira Boneka, Ternyata Jasad Bayi yang Ada di Balik Celana

Ia sedikit lega, pasalnya koper-koper tersebut sudah terkumpul hari ini. Sehingga, koper-koper tersebut akan dibawa ke Asrama Haji Bekasi dengan menggunakan mobil boks yang dikawal pihak kepolisian.

“Agar lebih mudah dibedakan, Kemenag Purwakarta telah memiliki tandanya sendiri untuk membedakan koper tiap rombongan. Sengaja koper calon haji diberi warna yang berbeda di antara setiap rombongannya,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Tedi, dari banyaknya koper yang telah terkumpul, tidak sedikit yang digantungi benda-benda unik oleh masing-masing calon haji. “Jemaah ini kreatif, selain ada label yang ditentukan kemenag, ada juga yang diberi tambahan lagi,” terangnya.

Baca Juga:  Panen Buah Rambutan, Lansia Asal Tebing Tersengat Lebah Lalu Jatuh Hingga Tewas

Tanda-tanda tersebut antara lain, gantungan berupa bola tenis, boneka, kerudung, hingga sendal anak kecil dan lonceng kayu tergantung di atas koper. Tedi menjelaskan, total calon jemaah haji yang akan diberangkat dari Purwakarta sebanyak 736 jemaah calon haji.

“Namun, untuk pemberangkatan dari dua kloter di Purwakarta, yaitu kloter 20 dan kloter 58, jadwal keberangkatannya berbeda,” ujarnya.

Baca Juga:  Hari Ini, Wapres Ma'ruf Amin Akan Tinjau Lokasi Banjir Subang dan Karawang

Tedi menyebutkan, kloter 20 yang berisikan 410 jemaah calon haji seluruhnya dari Purwakarta. Lalu sisanya di kloter 58, calon haji gabungan dari wilayah Purwakarta dan Bogor.

“Kloter 20 mulai berangkat pada Minggu (22/7/2018) ini, lalu kloter 58 berangkat pada 3 Agustus 2018 nanti,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat