Ridwan Kamil Kagumi Terasering Panyaweuyan

JABARNEWS | MAJALENGKA – Calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku terkesan dengan keindahan terasering kebun daun bawang di lokasi wisata Desa Panyaweuyan, Argopura, Majalengka, Provinsi Jawa Barat.

“Pemandangan di sana luar biasa. Bukit dan lembah menghampar kebun daun bawang yang membentuk terasering unik. Tiada duanya di Indonesia,” kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, saat berkunjung ke kawasan itu, Senin (19/3/2018).

Baca Juga:  Polres Cirebon Kota Bagikan Permen Ke Pemudik

Menurut dia, kawasan ini semula tak disangka bisa dibuat perkebunan nan indah. Dengan menyatukan pertanian dan kearifan lokal, petani di Desa Payaweuyan sejahtera dengan mata pencahariannya.

Ketika pertama kali melihat kawasan terasering itu, yang ada dalam pikiran Emil adalah keindahan ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dia juga menyebut kawasan itu seperti melihat bukit teletubbies.

Baca Juga:  Soal Tilang ETLE di Purwakarta, Begini Penjelasan Kasat Lantas

“Indah, hijau, dan berbukit-bukit menakjubkan, seperti bukit Tel,” ucap Emil.

Menurut dia, kawasan terasering ini harus menjadi objek wisata alam pavorit di Majalengka, setelah destinasi Paralayang di Majalengka. Hanya dia berpesan, agar kawasan alam ini ditata dengan melibatkan masyarakat lokal agar ekonomi tumbuh. Seperti homestay atau penginapan yang dibuka di rumah-rumah warga, warung-warung makanan khas Majalengka, hingga tour guide.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gelar Vaksinasi Driver Thru, Ini Tujuannya

Saat blusukan itu, Emil bertemu dengan komunitas fotografi kukurusuk.com. Komunitas di bawah komandan Oka Supardan ini sejak 3 tahun lalu gencar mempromosikan lokasi wisata di Majalengka, termasuk terasering ini.

“Kami senang, Pak Ridwan Kamil datang ke sini. Kami berharap kehadiran beliau dapat lebih mengangkat destinasi luar biasa di Majalengka ini keluar,” kata Oka. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat