Segudang Manfaat Hazelnut Bagi Kesehatan, Bisa Menyehatkan Jantung

JABARNEWS | BANDUNG – Hazelnut adalah kacang yang dipanen dari pohon Hazel. Di balik rasanya yang manis dan gurih, hazelnut juga kaya akan nutrisi yang membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Kacang hazelnut sering dinikmati sebagai camilan atau diolah dalam minuman, makanan ringan, hingga es krim. Kacang ini kaya akan vitamin, mineral, protein, serat, serta lemak sehat.

Karena kandungan tersebut, hazelnut memiliki banya manfaat bagi kesehatan, diantranya yakni:

Baca Juga:  Ruangan Penuh, Pasien DBD RSUD Cibabat Tempati Posko Khusus

Pertama. Kaya antioksidan – Manfaat hazelnut yang pertama didapatkan dari kandungan antioksidan di dalamnya. Hazelnut kaya akan senyawa fenolik, antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol darah dan menyembuhkan peradangan.

Antioksidan dikenal sebagai pelindung tubuh dari stres oksidatif yang dapat merusak sel sehat sehingga bisa mengakibatkan Anda terserang berbagai jenis penyakit.

Kedua. Menyehatkan jantung – Tingginya kadar antioksidan dan lemak sehat pada hazelnut membuatnya berkontribusi dalam menjaga kesehatan sel dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga:  Korsleting Listrik, Satu Rumah Di Deli Serdang Hangus Terbakar

Dikutip dari Healthline, sebuah penelitian yang dilakukan selama satu bulan dengan subjek penelitian sebanyak 21 orang menunjukkan bahwa mengonsumsi hazelnut sebanyak 18-20% dari total asupan kalori harian membawa efek positif bagi tubuh.

Ketiga. Menurunkan kadar kolesterol – Manfaat hazelnut lainnya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan senyawa fenol yang ada pada hazelnut dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

Baca Juga:  Usai Cicadas, Pemkot Bandung Akan Menata PKL di Cikapundung

Itu dia nutrisi dan manfaat hazelnut yang bisa Anda dapatkan. Namun, mengingat hazelnut mengandung kalori yang tinggi, porsi konsumsinya harus diperhatikan. Alih-alih membawa manfaat, konsumsi hazelnut berlebihan justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan. (Red)