Sering Mengkonsumsi Telur mentah? Waspada, Bahaya Ini Bisa Intai Anda

JABARNEWS | BANDUNG – Makan telur mentah dicampur dengan berbagai jenis minuman dan makanan sudah menjadi kebiasaan sejumlah orang. 

Namun siapa sangka makanan yang dianggap menyehatkan ini memiliki beberapa resiko ketika terlalu sering mengkonsumsinya.

Oleh sebab itu berikut beberapa resiko yang bisa terjadi ketika terlalu sering mengkonsumsi telur setengah matang yakni:

Pertama. Keracunan Makanan – Telur mentah beresiko mengandung bakteri salmonella. Bakteri ini diketahui bisa terkandung di dalam kuning telur. Apabila Anda makan telur mentah, lalu bakteri ikut masuk ke dalam tubuh, Anda beresiko keracunan makanan.

Baca Juga:  Kapolres Ciamis: Tahan Diri Jangan Kirim Berita Hoaks

Tanda Anda mengalami keracunan makanan dapat berupa demam, sakit perut, mual, dan muntah. Selain itu, kondisi penyakit akan lebih berat pada anak-anak serta orang yang lanjut usia.

Baca Juga:  Asyiknya Menikmati Sensasi Hamparan Hijau Di Ciboer Pass Majalengka

Kedua. Tifus (Demam Tifoid) – Selain keracunan makanan, bakteri salmonella yang terdapat di dalam telur mentah juga dapat berakibat pada tifus (demam tifoid).

Gejala yang dapat muncul bergantung pada kondisi daya tahan tubuh seseorang. Gejala yang serius akan muncul apabila orang tersebut memiliki imun yang lemah, misalnya balita dan lansia.

Ketiga. Gangguan pada Janin – bakteri yang ada di telur mentah dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan pada ibu hamil, seperti persalinan prematur, gangguan pada janin, bahkan keguguran.

Baca Juga:  Beberapa Hal Yang Mesti Dipertimbangkan Dalam Membuat Kamar Mezzanine

Selain itu, apabila Anda tidak mengatasi infeksi bakteri dari telur mentah, risiko infeksi berat atau sepsis dapat meningkat. Ini terjadi akibat dari penyebaran infeksi dari usus ke pembuluh darah di tubuh. (Red)