Setrikaan Lengket Saat Dipakai? Begini Cara Membersihkannya

JABARNEWS | BANDUNG – Cara membersihkan setrikaan yang lengket memang bisa dibilang tidak terlalu sulit. Biasanya, setrika yang lengket disebabkan oleh pakaian berbahan kain sintetis yang rentan hangus saat disetrika.

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk membersihkan setrikaan lengket. Namun, kebanyakan orang biasanya melakukan salah satu kesalah ketika membersihkan setrikaan yang lengket.

Oleh sebab itu berikut beberapa cara membersihkan setrikaan lengket yakni:

Baca Juga:  Satgas Covid-19 Jabar Ingatkan Pelaporan Data Kasus Baru Harus Terintegrasi

Pertama. Menggunakan Daun Pisang – Daun pisang mengandung minyak alami yang dapat membantu melepaskan kerak dan juga gosong pada permukaan setrika. Selain itu, daun pisang juga mampu membuat permukaan setrika menjadi lebih licin.

Cara menggunakannya sangat mudah, bentangkan beberapa lembar daun pisang segar di papan setrika, lalu panaskan setrika di suhu maksimal. Lalu gosokkan setrika seperti sedang menyetrika pakaian ke atas lembaran daun pisang.

Baca Juga:  Truk Terguling Nyaris Masuk Sungai Cipancar

Kedua. Garam Dapur – Garam merupakan salah satu produk rumahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan gosong, lengket, atau kotoran sisa pakaian di permukaan setrika. Caranya, ambil selembar koran lalu bubuhi dengan garam, sambil panaskan setrika dengan suhu tinggi.

Gosokkan setrika di sepanjang koran bergaram hingga kotoran lepas dari permukaan setrika. Matikan setrika, diamkan hingga benar-benar dingin, lalu lap dengan kain bersih agar sisa kotoran sepenuhnya hilang.

Baca Juga:  Buka Pusat Studi ASEAN, Poltekpos Indonesia dan Kemenlu RI Tandatangani MoU

Ketiga. Gunakan Odol – Odol atau pasta gigi mengandung zat yang bersifat abrasif sehingga mampu menghilangkan noda. Kamu cukup mengoleskan odol ke bagian setrika yang lengket, lalu sikat dan lap menggunakan kain bersih.

Pastikan untuk melakukannya ketika setrika berada dalam keadaan dingin ya! Jangan sekali-kali menyalakannya. Dengan begitu kalian bisa melakukan cara ini untuk mengatasi setrikaan lengket. (Red)