Simak, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sistem Pembayaran PayLater

JABARNEWS | BANDUNG – Saat berbelanja secara online di berbagai e-commerce yang terintegrasi dengan layanan dompet digital, Anda pasti menyadari adanya fitur pembayaran bernama PayLater. Dengan tagline Beli Sekarang, Bayar Belakangan, PayLater memang terbukti mampu meningkatkan minat dan daya beli konsumen kala online shopping. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan PayLater ini?

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan pinjaman uang online. Ya, produk keuangan berbasis digital tersebut memang sudah cukup populer dimanfaatkan oleh masyarakat yang sedang mengalami masalah keuangan mendesak dan membutuhkan bantuan dana segar dengan segera. Secara umum, PayLater ini merupakan salah satu jenis produk pinjaman online yang dapat dengan mudah digunakan oleh masyarakat saat sedang berbelanja secara online.

Memiliki cara kerja yang mirip dengan kartu kredit, Anda dapat menyelesaikan transaksi belanja online tanpa harus melakukan pembayaran saat itu juga. Melainkan, PayLater akan menalangi terlebih dahulu tagihan belanja tersebut, dan Anda dapat melunasi tagihannya di lain waktu secara mencicil ataupun sekali bayar. Jadi, kebutuhan mendesak tetap dapat terpenuhi meski kondisi keuangan sedang tidak stabil.

Meski begitu, jangan gegabah saat ingin menggunakan layanan keuangan berbasis digital ini. Sebab, sebagai produk pinjaman, PayLater tetap saja mampu menyeret Anda ke kondisi keuangan yang buruk saat digunakan dengan tidak tepat. Nah, agar mampu lebih bijak memanfaatkan layanan tersebut, simak dulu segala kelebihan dan kekurangan dari PayLater berikut ini.

Baca Juga:  Aksi Bobotoh Ciamis Ungkap Kecewa Laga Persib Imbang, Rungsing!

Kelebihan PayLater yang Sayang untuk Dilewatkan

Daya tarik utama dari PayLater adalah kemudahan dan kepraktisan yang bisa dirasakan oleh penggunanya ketika berbelanja online. Selain bisa membayar tagihan belanja belakangan dan menunda pengeluaran, ada beberapa kelebihan lain yang mampu didapatkan saat menggunakan PayLater, seperti:

– Tagihan Belanja Lebih Ringan

PayLater adalah produk keuangan digital yang sangat cocok digunakan oleh Anda yang tak mampu menjangkau layanan kartu kredit. Selayaknya kartu kredit, Anda dapat menggunakan PayLater untuk meringankan pengeluaran belanja karena dapat membayar tagihannya secara mencicil. Pilihan tenornya pun cukup beragam, mulai dari 3 bulan sampai 12 bulan, dan tak jarang ditawarkan dengan bunga 0%.

Bagi Anda yang berencana untuk berbelanja produk dengan harga yang lumayan mahal, fasilitas ini tentu akan menjadi sangat berguna. Karena Anda tak harus memangkas tabungan dengan jumlah cukup besar yang mampu berisiko membuat kondisi keuangan menjadi tidak stabil.

– Proses dan Syarat Pengajuan Simpel

Baca Juga:  Pemerintah Jawa Barat Dukung Penuh Penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Bank Indonesia

Hanya bermodalkan sejumlah dokumen pribadi, seperti, KTP, Anda sudah bisa mengajukan layanan PayLater secara online. Bahkan, di sejumlah situs dan aplikasi e-commerce, fitur PayLater bisa langsung Anda aktifkan asal telah melakukan berbagai transaksi secara rutin. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan layanan kartu kredit yang bahkan hanya mampu dijangkau oleh segelintir orang saja.

– Fleksibel dan Dapat Disesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Dengan menggunakan PayLater, Anda dapat mengajukan kredit dengan jumlah yang sesuai dengan harga barang yang ingin dibeli. Asalkan tak melebihi limit kredit, Anda dapat terus berbelanja untuk memenuhi segala kebutuhan menggunakan PayLater.

Jumlah cicilan pun bisa ditentukan sendiri dengan memilih tenor pelunasan yang sesuai. Jadi, risiko beban keuangan menjadi terlalu berat akibat pemakaian PayLater lebih tidak mungkin untuk terjadi.

Kekurangan PayLater yang Wajib Dipertimbangkan

Di balik segala kelebihannya, PayLater juga memiliki sejumlah kekurangan yang wajib dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk memanfaatkannya. Nah, agar tak salah langkah saat menggunakan PayLater, cek dulu beberapa kekurangannya berikut ini.

– Limit Kredit Lebih Terbatas

Jika dibandingkan dengan produk pinjaman lainnya, PayLater bisa dibilang memiliki limit kredit yang amat terbatas. Kebanyakan PayLater hanya membolehkan penggunanya untuk berbelanja sebesar 1 juta Rupiah saja setiap bulannya. Kalaupun ada yang menawarkan limit besar, Anda harus lebih dulu menggunakan layanan tersebut berulang kali dan rutin membayar tagihannya tepat waktu agar limit dapat ditingkatkan.

Baca Juga:  Tips Merawat Burung Pipit Agar Sering Berkicau, Lakukan Cara Ini

– Rawan Kalap saat Berbelanja

Bebas berbelanja tanpa harus melangsungkan pembayaran saat itu juga merupakan godaan yang mungkin sulit ditolak oleh pengguna PayLater. Alhasil, saat sedang asyik melihat beranda situs belanja online, tanpa disadari Anda banyak membeli barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan hanya karena mampu membayarnya di lain waktu. Hal seperti inilah yang seringkali membuat pengguna fitur kredit online menyesal di akhir bulan akibat melihat tagihan yang selangit dan membengkakkan pengeluaran.

Tetap Bijak Gunakan PayLater Kala Berbelanja

Layanan PayLater yang mampu menunda pengeluaran dan mencicilnya memang terlihat sangat menggiurkan. Meski begitu, Anda tetap perlu mempertimbangkan kekurangan layanan tersebut di samping memanfaatkan segala kelebihannya.

Pasalnya, jika sampai tak bijak dan menggunakan PayLater secara dengan asal, beban cicilannya dapat berisiko membuat Anda terjebak jeratan utang jangka panjang. Jadi, jika tak terlalu mendesak dibutuhkan, hindari pemakaian kredit online agar kondisi keuangan tetap kondusif. (Red)