Telapak Tangan Sering Berkeringat Tiba-tiba? Bisa Jadi ini Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG – Telapak tangan yang berkeringat tentu pernah dialami siapa saja dan kapan saja. Salah satunya ketika merasa gugup, cemas, terlalu bahagia, atau sedang stres, telapak tangan bisa banyak mengeluarkan keringat. Namun, bagi sebagian orang telapak tangan yang berkeringat tidak diketahui penyebabnya.

Seringkali, kondisi telapak tangan yang berkeringat dikaitkan dengan penyakit jantung (gangguan/lemah jantung) tetapi dugaan ini tidaklah benar. Keringat berlebih pada telapak tangan adalah hal yang wajar dan umumnya disebabkan oleh hiperhidrosis.

Baca Juga:  Saat Dicek DPRD Jabar, SLB di Kota Cimahi Ini Kondisinya Memprihatinkan

Oleh sebab itu berikut beberapa penyebab telapak tangan selalu berkeringat yakni:

Pertama. Faktor psikologis – Penyebab paling mungkin telapak tangan sering berkeringat adalah kondisi psikologis. Perasaan cemas, khawatir, stres, atau panik dapat berimbas pada meningkatnya produksi keringat, khususnya di telapak tangan.

Saat seseorang sedang mengalami masalah atau gugup misalnya harus berbicara di depan orang banyak, telapak tangan akan terasa basah. Hal ini terjadi karena tubuh mengeluarkan hormon stres (kortisol) yang dapat meningkatkan denyut jantung dan suhu tubuh.

Baca Juga:  Tanpa Disadari, Manusia Zaman Sekarang Kekurangan Asupan 7 Nutrisi Ini

Kedua. Penyakit penyerta – Penyakit gondok atau hipertiroidisme juga dapat dicurigai sebagai penyebab keringat berlebih. Hormon tiroid dari kelenjar gondok mempunyai peran pada metabolisme tubuh.

Jika terjadi kelainan dan menyebabkan tiroid berlebih, maka metabolisme tubuh akan berada pada level yang tinggi. Akibatnya, tubuh jadi panas sehingga banyak berkeringat.

Baca Juga:  Unik! Shalat Idul Fitri di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Dijaga Alutsista Canggih

Ketiga. Genetik – Meskipun faktor psikologis diketahui menjadi penyebab utama dari keringat yang berlebihan, tetapi peran faktor genetik tak bisa diabaikan begitu saja.

Menurut sebuah penelitian pada tahun 2002, ditemukan adanya keterkaitan genetik pada kejadian keringat di telapak tangan. Artinya, apabila salah satu atau kedua orang tua juga sering berkeringat di telapak tangan, kemungkinan Anda akan mengalaminya juga. (Red)