Tiga Cara Membuat Hidup Tenang Menurut Syariat Islam

JABARNEWS | BANDUNG – Ketenangan hidup sangat kita butuhkan dalam menghadapi segala situasi dalam hidup ini. Terutama dalam situasi sulit dan ditimpa musibah. Jika hati dalam kondisi tenang, maka buahnya lisan dan anggota badan pun akan tenang.

Dalam ajaran islam terdapat beberapa cara untuk mencari ketenangan hidup. Dengan begitu kalian akan menikmati hidup. Selain itu artinya hal seperti itu banyak diinginkan oleh orang lain.

Baca Juga:  Peternak Milenial Purwakarta Yang Kesulitan Cari Pakan Akan Ada Solusi Teknologi

Maka dari itu dilansir dari Moeslim.id kami berhasil merangkum beberapa cara dalam islam untuk mencari ketenangan hidup yakni:

pertama. Memperbanyak Dzikrullah – Allah SWT berfirman dalam QS: Al Ra’du: 28:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”.

Kedua. Berkumpul Untuk Mencari Ilmu – Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Tunjang Kondusifitas Pilpres 2019, Anggaran KPU Diperbesar

“Tidaklah suatu kaum berkumpul sebuah rumah Allah tabaraka wa ta’ala, mereka membaca Kitabullah azza wa jalla, mempelajarinya sesama mereka, melainkan akan turun kepada mereka sakinah, rahmat akan meliputi mereka, para malaikan akan mengelilingi mereka dan Allah senantiasa menyebut-nyebut mereka dihadapan malaikan yang berada di sisi-Nya.” (HR Muslim no. 2699)

Ketiga. Jujur Dalam Segala Hal – Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga:  Benarkah Garut Kekurangan Stok Tabung Oksigen? Ini Kata Rudy Gunawan

“Sesungguhnya jujur itu ketenangan dan dusta itu keragu-raguan”. (HR Tirmidzi no: 2518)

Begitu pun semua ketaatan kepada Allah dan sikap senantiasa bersegera kepada amal shaleh adalah diantara faktor yang akan mendatangkan ketenangan kepada hati seorang mukmin. Jika kita selalu mendengar dan berusaha untuk mentaati Allah dan rasul-Nya, maka hati kita akan kian tenang dan teguh. (Red)