Tiga Jenis Makanan Sehat Yang Kaya Akan Kandungan Kalium

JABARNEWS | BANDUNG – Kalium merupakan salah satu jenis elektrolit yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Fungsi kalium antara lain adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, memastikan fungsi otak, saraf, otot, dan jantung bekerja secara normal.

Makanan yang mengandung kalium sangat mudah ditemukan, dan dapat ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari. Tidak hanya itu, kalium juga membantu menstabilkan tekanan darah, mencegah stroke, penyakit jantung, kerusakan ginjal, dan pengeroposan tulang.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Buka Lowongan CPNS 2018, Kuotanya 317-350 PNS Baru

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber kami berhasil merangkum beberapa jenis makanan yang kaya kandungan kalium yakni:

Pertama. Pisang – Makanan yang kaya akan kandungan kalium pertama yakni pisang. Tiap satu buah pisang mengandung sekitar 420 mg kalium yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama serta membantu meningkatkan energi. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi penting lain, seperti antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C.

Baca Juga:  Pandemi Tak Halang Untuk Berkreatifitas, Pelajar di Purwakarta Ikuti Lomba Vlog

Kedua. Kentang – Dalam satu buah kentang, terkandung 600 mg kalium. Kentang juga menyediakan berbagai nutrisi lainnya, termasuk karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, serat, dan zat besi.

Meski demikian, perhatikan cara penyajian kentang. Memanggang merupakan salah satu cara terbaik untuk mengolah kentang. Selain itu, hindari menambahkan bahan lain, seperti saus, garam, atau keju, secara berlebihan.

Baca Juga:  Tak Hanya Juara Umum, Ridwan Kamil Minta Atlet PON Bawa Pesan Ini

Ketiga. Tomat – Tomat segar merupakan salah satu sumber kalium. Namun, tomat yang sudah diolah menjadi saus, atau tomat yang sudah dikeringkan mengandung lebih banyak kalium. Kandungan kalium pada semangkuk tomat kering dapat mencapai 1800 mg.

Selain tinggi kalium, tomat kering juga kaya akan nutrisi lain, seperti serat, protein, likopen, dan vitamin C yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Red)