Tiga Manfaat Daun Katuk Bagi Kesehatan, Tingkatkan Imun Tubuh

JABARNEWS | BANDUNG – Daun katuk adalah sejenis sayuran yang memiliki nama latin Sauropus androgynus dan termasuk famili Euphorbiaceae. Manfaat daun katuk yang cukup populer adalah untuk memperlancar dan memproduksi ASI bagi ibu menyusui.

Seperti kebanyakan sayuran hijau, daun katuk juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Ini karena daun katuk kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Oleh sebab itu berikut beberapa manfaat daun katuk bagi kesehatan tubuh yakni:

Baca Juga:  Ini Cara Pemanfaatan Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Pertama. Mempercepat penyembuhan luka – Daun katuk memiliki manfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Hal ini terjadi karena kandungan Vitamin C pada daun katuk membantu pembentukan kolagen, yakni protein penting pembangun kulit.

Ketika Anda terluka, bagian kulit paling luar paling sering mengalami kerusakan. Bila Anda mengkonsumsi daun katuk, vitamin C dari daun ini akan dipecah tubuh dan diangkut bersama aliran darah menuju sel-sel yang membutuhkan, termasuk pada kulit yang terluka.

Baca Juga:  Simak! Inilah Rambu Pelaksanaan Ibadah Idul Fitri dari Satgas Covid-19

Kedua. Meningkatkan sistem imun – Kegunaan daun katuk bagi sistem imun ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C. Tubuh tidak memproduksi vitamin ini secara alami, sehingga Anda perlu memenuhi asupannya lewat makanan dan minuman.

Salah satu manfaat vitamin C yaitu mendukung sistem kekebalan imunitas tubuh. Jika asupan vitamin C terpenuhi, tentu sistem kekebalan tubuh bisa lebih kuat melawan infeksi dari virus, bakteri, dan parasit yang mengganggu.

Baca Juga:  Yuk, Kongkow Di The Peak Citiport Cafe

Ketiga. Menurunkan gula darah – Salah satu manfaat daun katuk yang sekarang masih dalam studi ilmuwan, yakni kandungan zat yang bersifat antidiabetes. Percobaan yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa konsumsi daun katuk dapat menurunkan kadar gula darah. (Red)