Tiga Manfaat Temu Ireng Bagi Kesehatan, Bisa Menetralkan Racun

JABARNEWS | BANDUNG – Salah satu bahan dasar pembuatan jamu yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah temu ireng. Rimpang ini berbentuk mirip kunyit yang memiliki warna gelap atau kehitaman. 

Sejak dulu, temu ireng sudah dikenal berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Temu ireng, empon-empon yang terkenal pahit namun kaya manfaat bagi kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu dilansir dari banyak sumber berikut beberapa manfaat temu ireng bagi kesehatan yakni:

Baca Juga:  Yusril Ajak Semua Pihak Menerima Putusan MK

Pertama. Ambeien  –  Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya 3, membuat obat herbal untuk ambeien dari temu ireng cukup mudah. Anda kupas lalu parut 15 gram temu ireng. 

Setelah itu, Anda seduh parutan temu ireng dengan secangkir air panas. Setelah dingin, Anda saring dan tambahkan kuning telur ayam dan 2 sendok makan madu. Anda aduk rata lalu minum sekaligus setelah bangun tidur. 

Baca Juga:  Terungkap! Penjualan Uang Palsu di Tasikmalaya, Rp100.000 Jadi Rp500.000

Kedua. Kencing nanah – Penyakit kencing nanah tidak hanya menyerang laki-laki tapi juga perempuan. Kencing nanah disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae. 

Penyakit kencing nanah bersifat menular dan harus segera ditangani. Bila tidak, kencing nanah bisa memicu infertilitas alias kemandulan. 

Baca Juga:  Observatorium Bosscha Amati Hilal selama 3 Hari, Kapan Mulai Ramadhan?

Ketiga. Penetralisir racun  – Temu ireng juga bermanfaat untuk menetralisir racun di dalam tubuh. Anda parut 20 gram temu ireng. Selanjutnya, Anda rebus parutan temu ireng dengan daun takokak dan 3 gelas air. 

Anda rebus sampai mendidih sampai menyisakan air setengahnya. Anda saring dan minum sekaligus selagi hangat. tentunya hal itu bisa kalian coba. (Red)