Upaya Bunuh Diri Gan Bonddilie, AKAR Jabar: Murni Suara Perjuangan

JABARNEWS | BANDUNG – Ketua Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Jawa Barat Arif Maulana terkejut akan upaya bunuh diri di depan gerbang Balai Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (4/8/2021).

Apalagi, percobaan bunuh diri itu dilakukan oleh rekannya Gan Bonddilie atau Bonbon. Arif mengaku kecewa dan marah, tetapi tetap hormat kepada Bonbon.

Percobaan bunuh diri rekannya itu, kata Arif, sebagai bentuk ketidakpuasan atas langkah Pemkot Bandung yang tak berani mengambil kebijakan berbeda dari pemerintah pusat.

“Kami kecewa atas keputusan pemerintah terhadap perpanjangan PPKM level 4 ini. Seharusnya Kota Bandung itu sudah tidak level 4,” ujarnya melalui zoom meeting, Kamis (5/8/2021).

Baca Juga:  Ribka Tjiptaning Dirotasi ke Komisi VII: Dokter Jadi Bergaul Sama Minyak dan Listrik

Di mata Arif, sosok Bonbon ialah tak sekedar aktif di AKAR melainkan aktif pada Tangan Di Atas (TDA). Selain itu, Bonbon dikenal sangat dekat dengan para pelaku UMKM se-Kota Bandung dan Cimahi.

“Sebenarnya saya melihat pengorbanan Kang Bonbon itu bukan untuk dirinya sendiri melainkan agar pelaku UMKM bangkit. Jadi, kami hargai perjuangan dia, tapi tetap tak membenarkan atas caranya,” katanya.

Selain itu, Arif juga membantah bahwa rekannya itu mengalami depresi sehingga melakukan upaya bunuh diri. Sebab, Arif menegaskan, secara finansial Bonbon tercukupi karena memiliki beberapa tempat usaha.

Baca Juga:  KPAD Bekasi Sosialisasi Cegah "Bullying" Saat MPLS

“Dia itu sosok yang komitmen dan tuntas. Kalau belum tercapai keinginannya, maka dia itu mencari perhatian dengan caranya,” katanya.

“Jadi, ini murni suarakan perjuangan meski saya tak sependapat dengan caranya. Saya tekankan, aksi Bonbon itu bukan upaya bunuh diri tapi cara komunikasi dia ke pemerintah bahwa rakyat sedang terkapar,” ucapnya.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar menyatakan bahwa sebanyak 560 hotel tutup dan 280 restoran di Jawa Barat mengalami gulung tikar dari dampak pandemi Covid-19 sampai Juni 2021. 

Baca Juga:  Warga Kota Bandung Diminta Proaktif Percepat Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

Selain itu, okupansi hotel berada di angka di bawah 5 persen, dengan sejumlah hotel bintang 3 dan 4 sudah ada yang tutup.

Herman juga menanggapi terkait tindakan yang dilakukan Gan Bonddilie. Kalau tahu apa yang hendak dilakukan Gan Bonddilie, dia memastikan bakal melarangnya. 

Namun, percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh Gan Bonddilie itu tak ada yang mengetahuinya. 

“Enggak ada yang tahu, semua tahu ketika sudah kejadian. Jadi, kami sesalkan tindakan itu,” katanya. (Yan)