Ada Korban Jiwa di Stadion GBLA, Yana Mulyana Minta Laga Persib Tanpa Penonton

Wali Kota Bandung Yana Mulyana. (Foto: Istimewa).

“Kita sih ikut aja yah, itu nanti terserah aparat juga yang mengeluarkan izin, termasuk panpel juga. Nanti kita lihat rekomendasinya seperti apa,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pertandingan yang mempertemukan Persib Bandung vs Persebaya Surabaya pada lanjutan laga Grup C Piala Presiden 2022 berujung duka. Dua Bobotoh masing-masing Sopiyana Yusuf dan Ahmad Solihin, meninggal dunia saat menyaksikan laga tersebut di Stadion GBLA pada Jumat (17/6).

Baca Juga:  Duh! Kasus HIV/AIDS di Kota Bandung Tinggi, Capai 5.943 Orang: Didominasi Mahasiswa dan IRT

Keduanya berdesakan bersama penonton yang mencoba memaksa masuk ke tribun penonton. Mereka sempat tak sadarkan diri dan dibawa ke rumah sakit. Tapi nyawanya tak tergolong.

Baca Juga:  Igbonefo Tak Sabar Bela Persib di Piala AFC

Overkapasitas diduga jadi penyebab utama insiden maut itu terjadi. Pada laga Persib vs Persebaya sendiri, berdasarkan data yang didapat dari match summary seusai pertandingan, jumlah penonton di Stadion GBLA mencapai 37.872 orang.

Baca Juga:  Febri Anggap Persija Seperti Tim Lawan Persib Lainnya

Dengan jumlah itu berarti 99,9 persen kursi penonton di Stadion GBLA terisi mengingat stadion ini berkapasitas 38.000 penonton. Padahal panpel pertandingan hanya menyediakan tiket sebanyak 15.000 untuk laga ini. (red)