15 Kecamatan Di Kuningan ‘Dihantui’ Bencana

JABARNEWA | KUNINGAN – Sebanyak 15 kecamatan di Kuningan rawan bencana terutama pergerakan tanah, longsor dan banjir. Apalagi saat ini musim hujan.

“Yang rawan bencana di Kabupaten Kuningan itu terdapat di 15 kecamatan,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Agus Mauludin di Kuningan, Senin (7/1/2018).

Baca Juga:  Ternyata Tugas Arkeolog Itu Harus Mendetail

Agus seperti dilansirkan Antara mengatakan, 15 kecamatan tersebut mempunyai karakter bencana berbeda-beda, ada yang rawan pergerakan tanah, longsor dan juga banjir bandang.

Namun untuk di Kabupaten Kuningan, lanjut Agus, yang paling mendominasi adalah bencana longsor dan pergerakan tanah karena topografinya terletak di lereng Gunung Ciremai.

Baca Juga:  Jalan Karéta Api jeung Statsion di Purwakarta

Lima belas kecamatan yang rawan bencana yaitu Kadugede, Nusaherang, Hantara, Darma, Selajambe, Subang, Cilebak, Ciniru, Ciwaru, Karangkancana, Cimahi Cibeureum, Cibingbin, Luragung dan Cidahu.

BPBDjuga mengimbau kepada warga yang wilayahnya rawan akan longsor untuk berhati-hati dan waspada, apalagi ketika hujan turun.

Baca Juga:  Sering Pingsan Saat Beraktivitas? Pahami Inilah Penyebabnya

Selain itu pihaknya juga terus berkoordinasi dengan semua instansi dalam rangka menanggulangi bencana longsor dan pergerakan tanah, terutama selama musim hujan. “Kita selalu menyampaikan kepada masyarakat agar waspada setiap saat,” kata Agus. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat