3 Tips Tingkatkan Produktifitas Otak Di Akhir Pekan

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi kebanyakan orang, hari Minggu merupakan hari untuk bersantai, namun tahukah anda jika belajar lebih produktif di akhir pekan?

Untuk beberapa alasan yang akan dijabarkan di artikel ini, hari Sabtu atau Minggu sebenarnya adalah waktu yang paling tepat untuk meningkatkan produktivitas anda. Jadi, daripada menghabiskan akhir pekan ini untuk hal-hal yang tak jelas manfaatnya, simak bagaimana anda lebih baik menyalurkan waktu, diantaranya:

1. Lakukan Sesuatu Yang Bisa Menyegarkan Otak Anda

Bagi anda yang terbiasa bekerja tak kenal waktu, ide bersantai-santai mungkin membuatmu ingin tertawa. Tuntutan pekerjaanmu yang luar biasa membuatmu merasa tak mampu berleha-leha bahkan di hari Sabtu dan Minggu.

Sayangnya, bekerja di akhir pekan tidak baik untuk produktivitas anda. Untuk menghasilkan karya yang sempurna, otak kita harus berada dalam keadaan tenang.

Baca Juga:  Kemendikbud: Empat Provinsi Tunda Pelaksanaan Ujian Nasional SMK

Perlu anda perhatikan, bahwa ide brilian lebih sering datang saat kita mandi, ingin tidur, atau mengobrol dengan teman-teman bukan? Itu adalah waktu dimana otak kita berada dalam kondisi tenang dan rileks. Kondisi rileks akan meningkatkan frekuensi gelombang alfa dalam otak, yang kemudian membantu kita mendapatkan ide-ide segar. Baru-baru ini, riset University of Toronto juga mengungkapkan bahwa otak memiliki kanalnya sendiri untuk menenangkan diri. Bisa disimpulkan, semakin harus bekerja keras, maka hanya akan membuat otak mengeset dirinya supaya bisa semakin rileks.

Jadi daripada kerja membabi buta, lebih baik bantu otakmu rileks akhir pekan ini. Terjunlah ke kegiatan yang bisa menyegarkan kepala. Tekuni hobimu yang dulu lagi: membongkar-pasang rangka sepeda, fotografi, berpuisi, hingga mengeksplorasi musik band indie.

Baca Juga:  Polisi di Purwakarta Sampaikan Pesan Pencegahan Covid-19 dari Mimbar Masjid

2. Buatlah To-Do List Untuk Jangka Waktu Seminggu

Proyeksikan apa saja yang ingin kamu kerjakan selama seminggu ke depan dalam sebuah to-do list mingguan. Dengan ini, di hari Senin anda sudah bisa memperkirakan apa yang ingin kamu capai saat hari Jumat. Mulai Senin pun kamu jadi bisa bersiap-siap.

Buatlah to-do list yang rinci tentang apa saja yang mau kamu tuntaskan di hari Senin, Selasa, dan seterusnya. Terangkan juga pada hari apa dan berapa kali anda harus memberikan evaluasi. Ini akan membantumu menjaga tempo kaerja anda, dan menjauhkanmu dari kewalahan.

3. Curahkan Perhatian Dan Energimu Untuk Orang Lain

Hari Sabtu dan Minggu ini, habiskanlah waktumu untuk lebih memperhatikan dan membantu orang di sekitar anda. Dengan memusatkan fokus pada apa yang terjadi di luar sana, anda bisa mengalihkan perhatian dari beratnya beban pekerjaan anda.

Baca Juga:  Ini Dia Pernyataan Sikap Ketua Tim Pemenangan Paslon OKE Terkait Keputusan KPU Kota Cirebon

Hubungi teman-teman lama, tawarkan bantuan pada orang asing yang membutuhkan di jalanan.

Profesor Adam Grant dari Universitas Wharton mengungkapkan bahwa hubungan interpersonal yang kuat dapat meningkatkan produktivitas kita dan membuat kita lebih bahagia.

Akhir pekan adalah waktu paling tepat untuk bersosialisasi. Jika bukan hari Sabtu dan Minggu ini, dengan beban kerja anda yang seperti itu, kapan lagi?

Itulah tadi 3 tips memanfaatkan akhir pekan agar anda dapat lebih produktif. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari hipwee.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat