7 Langkah Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi. (foto: istimewa)

Pastikan cukup istirahat. Kurang tidur dapat memengaruhi tekanan darah Anda. Oleh karena itu, penting untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari. Anda dapat mencapainya dengan berolahraga di siang hari, menghindari tidur siang, dan menciptakan lingkungan tidur yang nyaman.

Rajin berolahraga. Olahraga tidak hanya memperkuat otot jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit, 3-4 kali seminggu. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu, Anda dapat melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, menaiki tangga, dan sejenisnya.

Baca Juga:  Suami Stroke, Perempuan di Kota Banjar Jadi Tulang Punggung Keluarga

Pilih makanan sehat dan bergizi. Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) sangat direkomendasikan untuk penderita hipertensi. Aturan dasar dari diet ini adalah mengurangi konsumsi lemak total, lemak jenuh, gula, garam, dan karbohidrat sederhana, sambil meningkatkan asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh. Selain itu, tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium, kalsium, dan magnesium, seperti kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, ikan, pisang, alpukat, kentang, tomat, dan bayam.

Kelola stres dengan baik. Stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada tekanan darah Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik, terutama dalam situasi yang tidak sesuai harapan. Ada banyak cara untuk meredakan stres, seperti membaca buku, berlatih pernapasan, menonton film komedi, berjalan-jalan, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

Baca Juga:  Ini Dia Lima Bahaya Kerokan, Salah Satunya Bisa Stroke

Batasi konsumsi garam. Makanan olahan seringkali mengandung tinggi garam, yang merupakan salah satu penyebab utama hipertensi. Oleh karena itu, perlu untuk memeriksa label makanan pada produk yang Anda beli, dan membatasi asupan garam hingga sekitar 1 sendok teh (2.300 mg) per hari.

Berhenti merokok (bagi perokok). Merokok dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah secara bertahap. Selain itu, merokok juga dapat berdampak buruk pada kesehatan orang lain yang terpapar asap rokok (perokok pasif).

Baca Juga:  Dedie Rachim Minta Warga di Kota Bogor Waspadai Empat Penyakit Ini

Batasi konsumsi alkohol dan kafein. Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk membatasi asupan alkohol sebanyak mungkin, dan mengurangi asupan kafein terutama bagi yang sensitif terhadapnya.

Namun, yang terbaik adalah jika Anda dapat menghindari minuman beralkohol sama sekali, sehingga tubuh Anda dapat tetap sehat. (red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News