Ali Masykum Musa Terpilih Kembali Secara Aklamasi Jadi Ketum ISNU

JABARNEWS | BANDUNG – Dr H Ali Masykur Musa MSi, MH terpilih kembali sebagai ketua umum Pimpinan Pusat Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU). Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISNU ke II di Uninus Bandung, Sabtu (25/8/2018).

Meski terpilih secara aklamasi, namun pemilihan tidak berjalan mulus. Meskipun laporan pertanggung jawaban Ali diterima semua wilayah dan cabang.

Bahkan, sejak awal sidang yang dipimpin Ketua Bidang Keorganisasian PBNU KH Robikin Emhas itu mayoritas pimpinan wilayah menhendaki Ali ditetapkan sebagai ketua kembali.

Baca Juga:  Tim Densus 88 Terus Lakukan Penangkapan Di Cirebon

Namun keinginan wilayah tersebut ditentang sebagian utusan cabang. Khususnya ISNU cabang di Jawa Tengah. Mereka meminta pemilihan ketua dilakukan secara demokratis melalui pemungutan suara.

Itu dilakukan, mengingat ISNU cabang Jawa Tengah akan mengusung calon lain yakni Prof Dr Moh. Nurcholis Setiawan MA.

Akhirnya pimpinan sidang mengakomodasi keinginan mereka. Maka dilaksanakan pemungutan suara diawali dengan mengangkat nama-nama kandidat.

Ada tiga nama yang muncul, masing-masing Ali Masykur, Nurkholis dan Mahfud MD. Sesuai tata tertib pemilihan, bakal calon bisa dipilih menjadi calon ketua harus didukung minimal 5 PW dan 25 PC.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Harga Komoditas Pokok di Tasikmalaya Alami Kenaikan

Setelah dilakukan pilihan awal, Ali mendapat dukungan 21 suara PW dan Nurkholis mengantongi 7 dukungan suara PW.

Akhirnya terjadi kesepakatan bahwa kepengurusan satu paket. Ali sebagai ketua dan Cholis sebagai wakil ketua. Kesepakatan ini diterima semua peserta dan akhirnya pria kelahiran Tulungagung ini terpilih secara aklamasi dan Cholis sebagai wakilnya.

Selain memilih ketua, kongres juga bertugas membentuk tim formatur. Ada tujuh orang yang ditunjuk. Masing-masing ketua terpilih dan yang terdiri dari 7 orang. Masing-masing ketua dibantu enam orang tim yang mewakil zona daerah. Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan wilayah Timur.

Baca Juga:  Surat Siti Badiyatul Fitri: Purwakarta Berubah Jadi Indah

Zona Jawa diwakili Prof Dr Mas’ud Said dari Jatim dan Dr Dede Rodiana dari Jabar. H Fadli Yasir dari zona Sumatera, Prof Dr Ahsin Rifai dari zona Kalimantan dan Prof Dr H Husin MTP dari Sulawesi Selatan, dan Ali Masykur Musa sebagai ketua terpilih. (Rnu)

Jabarnews | Berita Jawa Barat