Awas Penyakit Ini Mengintai Orang Yang Kurang Tidur

Gangguan tidur bisa dialami anak-anak hingga orang dewasa. (foto: istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG – Mencukupi waktu tidur menjadi salah satu hal yang penting bagi kesehatan, termasuk kesehatan mata. Ketika Anda terus menerus kekurangan tidur, beberapa masalah pada penglihatan bisa terjadi.

Seperti dilansir dari laman Healthdigest, Kamis (1/11/2022), Eye Health Northwest menyebut mata membutuhkan tidur minimal lima jam per malam. Selama tidur berlangsung, mata akan melalui serangkaian proses pemulihan.

Satu hari saja tak mendapatkan tidur yang cukup, mata bisa terasa kering, gatal, atau memerah. Keluhan-keluhan tersebut bisa terjadi karena mata tak mendapatkan cukup waktu untuk memproduksi air mata. Kurangnya produksi air mata juga bisa berujung pada infeksi.

Kurang tidur juga bisa memunculkan beberapa keluhan lain pada penglihatan. Sebagian di antaranya adalah mata berkedut, sensitif terhadap cahaya, dan pandangan kabur.

Selain itu, kurang tidur yang terjadi dalam kurun waktu lebih lama bisa memunculkan masalah yang lebih serius. Menurut American Academy of Sleep Medicine misalnya, kurang tidur yang terjadi secara berulang dapat meningkatkan risiko terjadinya glaukoma.