Bahaya, Jangan Abaikan Ini Jiga Muncul di Wajah Bisa Jadi Gejala Kangker

Waspada !!! Bahaya Kangker Payu Dara, Berikut Ciri-cirinya (PMJ)

Perubahan di area wajah dianggap sebagai tanda umum dari karsinoma paru-paru, tetapi juga dapat terjadi pada beberapa jenis kanker. Tumor karsinoid, misalnya, yang merupakan tumor neuroendokrin yang tumbuh secara khusus di sel neuroendokrin.

Karsinoma sel skuamosa, yang merupakan jenis kanker kulit paling umum, juga diketahui berpotensi mengubah penampilan wajah. Perubahan berupa wajah memerah sering terjadi pada bagian wajah yang paling sering terpapar sinar matahari.

Perubahan kondisi wajah yang drastis patut diwaspadai dan sebaiknya tidak dibiarkan. Apabila mengalami perubahan tubuh tanpa penyebab pasti, disarankan memeriksakan diri ke dokter. Skrining dapat membantu mendeteksi keganasan kanker pada tahap awal.

Ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko kanker. Di antaranya Hindari paparan radiasi, racun industri, dan polusi lingkungan. Hentikan kebiasaan merokok serta biasakan berolahraga rutin dan menerapkan pola makan sehat.

Meskipun penelitian yang mengaitkan kanker dengan tidur tidak kuat, memiliki waktu tidur berkualitas tetap harus menjadi prioritas. Pasalnya, kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk dikaitkan dengan penambahan berat badan, yang merupakan faktor risiko kanker.