Cara Mudah Memasak Semur Daging Sapi

Semur daging sapi menjadi salah satu masakan khas saat Idul Adha
Semur daging sapi menjadi salah satu masakan khas saat Idul Adha. (foto: istimewa)

JABARNEWS │ BANDUNG – Semur daging sapi merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa gurih, manis, dan sedikit pedas. Masakan ini akan mudah ditemukan pada Hari Raya Idul Adha seiring dengan pelaksanaan ibadah kurban yang dilaksanakan umat Islam.

Baca Juga:  Waspada! Aplikasi Telegram Digunakan Media Rekrutmen Teroris

Seperti diketahui, semur biasanya menggunakan potongan daging sapi yang dimasak dalam bumbu yang kaya rempah-rempah.

Proses memasak semur daging sapi dimulai dengan menumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Kemudian, daging sapi yang telah dipotong-potong ditambahkan dan ditumis hingga berubah warna menjadi cokelat. Bumbu-bumbu seperti daun salam, serai, jahe, kayu manis, dan cengkeh ditambahkan untuk memberikan aroma dan cita rasa khas.

Baca Juga:  Jadi Khotib Shalat Idul Adha di Bandung, Ini Pesan Amien Rais bagi Warga Muhammadiyah

Selanjutnya, bumbu-bumbu seperti kecap manis, kecap inggris, saus tomat, gula merah, garam, dan merica bubuk ditambahkan untuk memberikan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas pada semur.

Baca Juga:  Menkes Buka Peluang Perusahaan Bisa Gelar Vaksinasi Covid-19 Mandiri

Air dituangkan ke dalam wajan dan semur dimasak dengan api kecil hingga daging empuk dan bumbu meresap. Proses memasak semur daging sapi biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama agar daging benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik.