Dari Desa Hingga RT, Bupati Ciamis Minta Perketat Larangan Mudik

JABARNEWS | CIAMIS – Banyak jalan tikus untuk mudik, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya minta pemerintah Desa, RW dan RT perketat dan memberdayakan posko Covid-19 untuk para pemudik.

“Kita akui terlalu banyak jalan tikus masuk ke ciamis, walaupun kita laksanakan secara ketat besar kemungkinan masih ada pemudik yang masuk Ciamis. Sehingga kita harapkan tingkat desa, RT/RW agar meningkatkan pengawasan,” ungkap Herdiat dilansir dari Harapanrakyat.com, Selasa (27/04/2021).

Baca Juga:  Rumah Berlantai Tanah, Warga Banjar Harapkan Bantuan

Pihak warga juga harus ikut berkontribusi untuk melaporkan bila mana ada keluarga yang datang dari luar kota. Agar melaporkan hasil tes PCR atau Rapid Antigen.

“Tingkat desa sudah mempunyai tempat isolasi khusus warga yang positif Covid-19. Bila ada yang terkonfirmasi positif bisa langsung isolasi,” tegasnya.

Baca Juga:  Asyik.. Sekolah Penyandang Disabilitas Bakal Hadir di Bekasi

Pemda ciamis akan memfokuskan pengontrolan ke delapan ruas jalan utama, posko Covid-19, hingga desa. Dengan begitu warga yang datang dari luar kota bisa lebih terkontrol.

“Kita akan lebih fokuskan pengontrolan pada tingkat yang paling bawah RT/RW harus mengecek warganya apakah mereka mempunyai bukti tes Covid-19 atau tidak. kalau tidak mereka harus melaksanakannya secara mandiri demi menjaga keluarga terdekat mereka,” ucapnya.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Virgo, Libra dan Scorpio: Jangan Terpancing Dengan Kondisi Lingkungan Saat Ini

Herdiat pun mengimbau untuk masyarakat Ciamis yang tengah merantau agar tidak mudik. Sekalipun mengetahui jalan tikus masuk ke Ciamis. (Red)