Duh, Jalur Utama Menuju Sukasari Purwakarta Ambles dan Alami Keretakan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Jalan menuju ke Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta mengalami keretakan dan penurunan dari permukaan tanah. Keretakan dan amblas persisnya terjadi di Kampung Ciputat, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Retaknya dan Amblas jalan di wilayah tersebut, akibat cuaca buruk yang terjadi sejak Jumat (19/2/2021) sehingga mengganggu akses menuju ke Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Menurut, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Krisrantau Hermawan melalui, Babinsa Desa Kutamanah, Sertu Jakaria, berdasarkan informasi dari warga, keretakan tanah sudah mulai terjadi sekitar pukul 06.00 WIB.

Baca Juga:  Daging Iga Asal New Zealand Ini Sang Penggugah Selera Makan

Dijelaskannya, Keretakan melintang sepanjang badan jalan, dimensinya bervariasi antara panjang 20 meter, dengan lebar mulai 5 centimeter sampai 20 sentimeter.

“Pergeseran tanah diduga terjadi akibat hujan deras yang menyebabkan retakan sampai beberapa titik jalan mengalami amblas. Kita sedang terus mendata beberapa titik terparah korban akibat pergeseran tanah,” ucap Sertu Jakaria yang didampingi Aiptu Ahe Jenudin, Bhabinkamtibmas Desa Kutamanah, saat ditemui di lokasi, pada Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga:  Sah, MK Tetapkan Masa Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang Jadi 5 Tahun

Ia menyebut, kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan dan membahayakan pengguna jalan.

Jakaria mengaku, keretakan tanah sudah disosialisasikan kepada warga ataupun pengedaran yang melintas di lokasi tersebut.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Untuk Pemilik Rasi Bintang Cancer, Leo, dan Virgo

“Kami tanda bahaya di sekitar retakan dan area yang ambles sudah kami pasang,” lanjutnya.

Kekompakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa terlihat dengan mereka terus berjaga-jaga dan waspada karena hujan terus mengguyur wilayah Kecamatan Sukasari dan sekitarnya.

“Warga kami menghimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan diminta untuk tetap mewaspadai potensi dan risiko bencana dengan mempersiapkan mitigasi bencana,” ungkapnya. (Gin)