Heboh Zat Etilen Oksida dalam Mi Instan, Bisa Picu Kanker?

mi instan
Mi instan disebutkan mengandung zat Etilen Oksida yang bisa memicu kanker. (foto: istimewa)

JABARNEWS ǀ JAKARTA – Publik kembali dihebohkan dengan adanya temuan zat tak biasa dalam produk mi instan asal Indonesia. Tak hanya itu, zat dengan nama etilen oksida tersebut juga ditemukan dalam produk mi instan asal Malaysia. Temuan zat Etilen Oksida ini ditemukan di Taipe, Taiwan.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Virgo 5 April 2022, Hubungan Cintamu Dengan Pasangan Sedang Dalam Kondisi Yang Stabil

Lalu apa sih zat Etilen Oksida? Berbagai sumber menyebutkan etilen oksida merupakan zat pemicu kanker atau zat karsinogenik.

Berdasarkan data Departemen Kesehatan Taipei yang dilansir Kompas.com, temuan zat ini disampaikan saat merilis hasil pemeriksaan mi instan yang tersedia di Ibu Kota Taipei pada tahun 2023.

Baca Juga:  Kabair Baik, Sekarang Kanker Bisa Disembuhkan

Dalam sebuah pernyataannya, Departemen Kesehatan Taipei menyebut telah menemukan sejumlah “Ah Lai White Curry Noodles” dari Malaysia dan sejumlah “Indomie: Rasa Ayam Spesial” dari Indonesia. Kedua produk itu disebut sama-sama mengandung etilen oksida, senyawa kimia yang terkait dengan limfoma dan leukemia.

Baca Juga:  Diprediksi Gelombang Tinggi, Nelayan Palabuhanratu Santai-santai Saja

Dikutip dari National Cancer Institute, Rabu (26/4/2023), etilen oksida merupakan gas atau zat tidak berwarna yang mudah terbakar dengan aroma manis. Biasanya, zat etilen oksida tersebut digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya, termasuk untuk anti beku.