Ini Panduan Praktis untuk Menyimpan Daging Kurban yang Aman dan Awet

Daging Kurban
Ilustrasi daging kurban. (Foto: Detik.com).

Jangan menyimpan daging mentah bersama dengan daging matang atau makanan lainnya untuk mencegah penyebaran bakteri atau kontaminasi silang.

Usahakan untuk menyimpan daging dalam jumlah kecil sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menyimpan lebih lama, pertimbangkan untuk membekukan daging dalam bagian-bagian kecil agar lebih mudah mengambil sebagian yang dibutuhkan tanpa harus membekukan seluruh daging.

Baca Juga:  Harga Telur Melambung, Warga Cimahi Pilih Beli Telur Ayam Pecah

4. Penandaan dan Pemisahan

Agar lebih terorganisir dan mudah mengetahui usia daging kurban yang disimpan, berikut adalah beberapa tips penandaan dan pemisahan yang dapat Anda lakukan:

Baca Juga:  Muhammadiyah Usul Libur Lebaran Diperpanjang Jadi Dua Hari, Akankah Perayaan Hari Idul Adha Berbeda?

Gunakan label atau tanda pada wadah atau kantong plastik untuk menandai tanggal penyimpanan daging. Ini akan membantu Anda mengenali mana daging yang harus segera digunakan atau yang sudah terlalu lama disimpan.

Baca Juga:  Malam Takbir Idul Adha, Dua Rumah di Tanggeung Cianjur Hangus Dilalap si Jago Merah

Jika Anda menyimpan daging dalam freezer, pisahkan daging kurban dengan makanan beku lainnya untuk mencegah bau dan kontaminasi silang. Gunakan kantong atau wadah yang terpisah untuk setiap jenis daging jika memungkinkan.